11 Tips Yang Perlu Diketahui Saat Berkendara di Tengah Banjir

Tips berkendara disaat banjir

Musim hujan seperti ini tentu kita sudah terbiasa dengan turunnya hujan yang hampir setiap hari. Makanya sangat penting untuk kita agar berhati-hati ketika berkendara di musim hujan seperti ini dan tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ┬áberkendara menerjang banjir…

  1. Saat Nyetir di tempat banjir tidak perlu ngebut. Kenapa? Karena Untuk mengehindari cipratan berlebih di ruangan mesin yang berpotensi bikin mogok.
  2. Menerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau 1). Karena beban mobil lebih berat waktu menerjang banjir.
  3. Tidak perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Kenapa? Karena knalpot nggak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.
  4. Dari pada memikirkan knalpot, yang harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir.
  5. Karena filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa membuat mogok. Maka dari itu perlahan lahan lah saat melintas
  6. Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
  7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman menerjang banjir dibanding mesin bensin.
  8. Kenapa tidak boleh terlalu di gas waktu lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air.
  9. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
  10. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
  11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.

Itu dia tips berkendara saat menerjang banjir semoga bermanfaat

(Visited 97 times, 1 visits today)

Leave a Reply