5 Fakta Tentang Tjipetir, Kotak Misterius Dari Indonesia di Pantai Eropa

Lempengan berbentuk kotak persegi tak bertuan dengan tulisan “Tjipetir” diketahui tersebar di sejumlah wilayah pesisir Eropa, khususnya di sekitar perairan Inggris dan Eropa bagian utara. Selama puluhan tahun terakhir, benda asing berwujud plat kenyal tersebut menjadi sesuatu yang belum terpecahkan, baik asal-usul maupun kegunaannya. Inilah 5 fakta Tjipetir, kotak misterius dari Indonesia yang berserakan di pantai-pantai Eropa.

1. Terungkap Setelah 100 Tahun

Misteri kotak Tjipetir cukup lama baru terungkap setelah tidak terkuak selama 100 tahun terakhir. Adalah orang Inggris bernama Tracey Williams yang disebut-sebut sebagai salah satu orang pertama yang berhasil menguak asal-usul box misterius itu. Pada tahun 2012, Tracey Williams melakukan riset yang hasilnya kemudian memicu banyak orang lain yang turut mengungkap rahasia Tjipetir.

Misteri Lempengan Tjipetir Mulai Terungkap

2. Berasal Dari Sukabumi

Box misterius Tjipetir yang sudah selama 100 tahun tidak tersentuh ternyata berasal dari Indonesia. Tjipetir (Cipetir) adalah nama sebuah desa di Sukabumi, Jawa Barat. Di masa penjajahan Belanda pada abad 19 hingga pertengahan abad 20, ada sebuah perkebunan karet yang terletak di Desa Cipetir, Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Saat itu Indonesia masih dikenal dengan nama Hindia Belanda. Dari perkebunan karet itulah kotak Tjipetir berasal dan saat itu digunakan untuk insulasi kabel telegraf yang melintang di dasar laut.

Berasal Dari Pabrik Karet di Sukabumi pada Masa Hindia Belanda

3. Terbuat Dari Daun

Kotak-kotak persegi dengan tulisan Tjipetir dibuat dari daun. Tracey Williams mengungkapkan, box tersebut terasa kenyal seperti karet bila disentuh. Namun, rupanya kotak itu bukan dibuat dari karet, melainkan dari getah perca dan cairan getah murni dari pohon jenis Sapotaceae yang banyak ditemukan di kawasan Melayu saat itu. Fakta yang terungkap belakangan, ternyata box-box Tjipetir itu tidak hanya berbentuk kotak namun ada juga yang berupa lempengan lingkaran.

Kotak Misterius Tjipetir Dibuat Dari Getah Daun

4. Diangkut oleh Kapal Titanic

Kapal Titanic yang legendaris itu ternyata pernah mengangkut lempengan-lempengan bertuliskan Tjipetir. Itulah yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak box Tjipetir yang ditemukan di pesisir Eropa. Kapal Titanic tenggelam di Samudera Atlantik Utara pada 15 April 1912.

“Sebuah surat kabar Prancis meliput kisah ini dan melaporkan bahwa Titanic membawa benda ini. Saya memeriksa manifes kapal Titanic dan menemukan bahwa memang kapal itu membawa benda karet. Spekulasi pun berkembang setelah berita ini tersiar,” ungkap Tracey Williams.

Kapal Titanic yang Konon Pernah Mengangkut Kotak Tjipetir
 

5. Berjumlah Ratusan dan Tersebar di Eropa

Kotak-kotak Tjipetir ternyata berjumlah ratusan dan tersebar di berbagai wilayah perairan di Eropa, termasuk Inggris, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark. Cukup banyak orang dari negara-negara tersebut yang mengaku telah menemukan box misterius tersebut dan penasaran untuk mengetahui benda apakah itu sebenarnya dan berasal dari mana. Misteri itu pun kini mulai terkuak.

Lokasi Ditemukannya Kotak-kotak Tjipetir

 

(Visited 92 times, 1 visits today)

Leave a Reply