Apa Itu MKIOS Telkomsel

MKIOS

MKIOS merupakan layanan isi ulang pulsa elektronik dari Telkomsel secara Over The Air (OTA).

Penjelasan MKIOS

Layanan ini menggunakan kode USSD.Transaksi isi ulang menggunakan kartu MKIOS membutuhkan waktu 2-5 detik per transaksi. Nomor seri voucher yang diminta hanya dikirim ke nomor konsumen, bukan ke nomor yang digunakan untuk transaksi. Jadi nomor yang digunakan untuk transaksi hanya menerima laopran sukses melalui USSD dan laporan via SMS.

Rata-rata outlet pulsa yang menggunakan chip khusus / MKIOS ini ialah outlet yang bermodal besar, karena dibutuhkan peralatan tambahan seperti handhone khusus untuk transaksi, dan chip khusus untuk transaksi. Biasanya Dealer Pulsa Resmi mengenakan charge sebesar Rp. 25.000 untuk melakukan pendaftaran kartu ini dan data yang dibutuhkan adalah Nama Pemilik Outlet, Alamat Outlet dan Kartu Tanda Pengenal yang mendaftarkan chip tersebut.

Tetapi tidak semua yang mempunyai chip ini adalah outlet besar karena ada juga outlet yang sedang/kecil juga mempunyai chip ini, mungkin alasan utam karena banyaknya transaksi Telkomsel yang dilayani oleh outlet tersebut, jadi dengan pertimbangan harga dan lain-lainnya maka outlet tersebut memilih untuk menggunakan chip khusus ini. Pendaftaran chip ini dapat dilakukan melalui Sales dealer resmi ataupun dengan datang langsung ke tempat delaer bersangkutan.

Tetapi pendaftaran bisa juga dilayani oleh Sub Dealer dari Telkomsel. Apa itu? yaitu orang/outlet yang diberi kepercayaan oleh dealer Telkomsel untuk melakukan pendaftaran sub agen. Biasanya Sub Dealer diberikan alokasi stok yang cukup untuk melayani area penjualanannya, jadi semacam Master Dealer pada server pulsa .

Tetapi saat ini kebanyakan dari Outlet lebih memilih daftar langsung ke dealer bersangkutan karena rata-rata Sub Dealer sudah tidak membuka pendaftaran lagi dikarenakan banyaknya permintaan dan Dealer lebih memilih untuk melakukan kontrol langsung terhadap Agen di bawahnya.

Tapi alasan yang paling masuk akal ialah karena Dealer tidak ingin “jatahnya” diambil orang lain toh Telkomsel sekarang sudah besar, jadi untuk menjual chip dan stok nya pasti lebih mudah didukung juga paket promosi lainnya, akhirnya banyak outlet yang tertarik.

Kelemahannya ialah rata-rata order hanya bisa dilakukan 1 minggu sekali, dan ada minimal order yang ditetapkan oleh dealer tersebut, karena jika tidak ditetapkan minimal order bisa-bisa nanti Outlet pulsa ordernya dikit-dikit saja

Dengan berjalannya sistem Hard Cluster seperti sekarang ini, semakin mendukung dealer resmi untuk menggencarkan pemasaran ke outlet-outlet pulsa sehingga “daerah jajahan” server pulsa menjadi menyempit :((.

Tapi tidak mengapa kita tidak menyerah karena “Masih banyak jalan menuju Roma”, tidak dapat dari dealer sini, masih banyak dealer-dealer Telkomsel yang rela “berkhianat” untuk sekedar menghabiskan alokasi yang diberikannya :p, tetapi konsekuensi dealer tersebut adalah dicabutnya hak dan kewajiban dari dealer tersebut sehingga tidak dapat lagi menjadi perwakilan resmi dari telkomsel.

Posted from WordPress for BlackBerry.

(Visited 370 times, 1 visits today)
Rate this article!
Apa Itu MKIOS Telkomsel,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

2 Responses

  1. author

    Fhany Ajza Degh Alfha2 years ago

    saya mau tukar poinku jumlahnya 338 kira-kira saya bisa dpt apa yah..?

    Reply
    • author
      Author

      admin2 years ago

      HAND BAG UDAH DAPAT TUH

      Reply

Leave a Reply