ATM Beras Pertama di Kota Bandung Yang Bikin Heboh


Mesin ATM biasanya digunakan seseorang untuk mengambil uang tunai yang tersimpan di dalam tabungan. Namun ada salah satu ATM di ITB bukan mengeluarkan uang tetapi mengeluarkan beras, ATM beras ini diciptakan oleh tangan salah satu alumni pengurus Rumah Amal Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Budiaji.

Mesin yang diberi nama ATM Beras ini mulai beroperasi pada Selasa, 22 November 2016 di area Masjid Salam ITB Bandung. Tepatnya di depan kantor Rumah Amal Salman, Jalan Ganesha No 7 Kota Bandung Jawa Barat.

Tetapi, tidak semua orang bisa menggunakan mesin atm beras mesin. Hanya mustahiq atau penerima zakat yang bisa mengambil beras dari ATM. Itu pun setelah mereka sebagai penerima zakat diberikan kartu ATM.

Cara kerjanya pun cukup mudah, mustahiq atau Penerima zakat yang sudah memiliki kartu atm bisa mengambil beras dengan menempelkan kartu di mesin ATM dan akan keluar beras sebanyak 2 liter.

Sampai saat ini baru 49 mustahiq penerima zakat yang berhak menggunakan ATM ini dan berasal dari warga sekitar ITB dan mahasiswa di lingkungan Masjid Salman.

Ada tiga klasifikasi berbeda. Setiap kartu atm berisi saldo sebanyak 16 liter beras. Dalam seminggu, mustahiq datang untuk mengambil 2 liter beras selama dua hari. Pengkategorian pengambilan Selasa – Jumat, Rabu – Sabtu dan Kamis – Ahad.

Salah satu alasan penggunaan mesin ini adalah agar memudahkan para mustahiq dalam memenuhi kebutuhannya karena mesin ini bisa digunakan selama 24 jam.

Mustahiq lebih terbantu meski cara konvensional juga baik, bedanya mereka tidak memerlukan kartu sendiri dan bisa diwakilkan asal membawa kartu dan bisa digunakan 24 jam.

(Visited 104 times, 1 visits today)

Leave a Reply