Bagaimanakah Nasib Layanan 2G/3G Telkomsel Setelah Masuknya 4G LTE?

Telkomsel

Perkembangan layanan 4G LTE secara perlahan menggerus eksistensi layanan generasi sebelumnya, yaitu jaringan 2G dan 3G. Meski saat ini masih belum signifikan, namun setidaknya perjalanan layanan tersebut bakal menyurut. Bagaimana visi operator terhadap jaringan 2G dan 3G? bagaimana nasib layanan 2G dan 3G Telkomsel? Kami menanyakan ke Adita Irawati, VP Corporate Communication Telkomsel untuk mencari tahu jawabannya. yang dikutip dari situs arenalte.com  Berikut petikan wawancaranya.

Seiring kehadiran 4G LTE, bagaimana nasib layanan 2G dan 3G Telkomsel ke depan?

Hadirnya 4G LTE merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat terhadap akses internet cepat. Pengguna 2G dan 3G tentunya kami harapkan juga dapat segera beralih ke layanan 4G, dimana layanan ini menawarkan pengalaman (experience) digital yang lebih baik bagi pelanggan untuk menikmati layanan mobile digital lifestyle.

Namun di lain sisi, tentunya Telkomsel akan terus memberikan layanan yang prima untuk layanan 2G dan 3G di Indonesia.mytelkomselSeperti apa peta atau komposisi jaringan 2G, 3G dan 4G saat ini?

Komposisi BTS broadband Telkomsel (3G dan 4G) saat ini sekitar 59% dari total keseluruhan 124.000 BTS yang dimiliki oleh Telkomsel. Sekitar 41% merupakan BTS 2G.

Sampai kapan layanan 2G/3G khususnya dipelihara? Adakah jaringan 2G dan 3G Telkomsel yang ditutup demi mengakomodasi 4G LTE?

Kendati terus gencar memperkenalkan layanan 4G ke lebih banyak lagi masyarakat, Telkomsel tetap memberikan layanan prima ke pelanggan 2G dan 3G yang saat ini masih memiliki jumlah ekosistem cukup besar.

Layanan 2G dan 3G tentunya juga tetap memiliki positioning tersendiri bagi pelanggan. Sebagai contoh, pelanggan yang berada di daerah terpencil dan daerah perbatasan memiliki kebutuhan komunikasi yang dapat diakomodir oleh jaringan 2G atau 3G. Berbeda dengan masyarakat kota besar yang membutuhkan layanan cepat dan responsif seperti 4G untuk mendukung produktivitas dalam kesehariannya.

Bagaimana nasib pengguna 2G dan 3G yang belum beralih ke 4G?

Telkomsel terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan 2G, 3G, dan 4G melalui program True Broadband Experience (TrueBEx). Program ini bertujuan untuk tetap memberikan kenyamanan dalam penggunaan layanan 2G, 3G, dan 4G.

Sejak kehadiran 4G LTE, porsi pengguna layanan 3G berkurang, stabil atau malah bertambah?

Secara keseluruhan, pengguna layanan data Telkomsel, baik 3G dan 4G terus bertambah setiap tahunnya. Hingga kuartal ketiga tahun 2016, trafik layanan data Telkomsel meningkat sekitar 84% jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Imbas kehadiran handset 4G terhadap pengguna layanan 3G seperti apa?

Kami berupaya melayani sebanyak-banyaknya pelanggan dengan paket produk dan layanan 4G yang berkualitas. Diharapkan lebih banyak lagi pengguna 2G dan 3G yang beralih ke layanan 4G sehingga di akhir tahun lebih dari 65% pengguna device 4G sudah terkoneksi dengan SIM card Telkomsel 4G LTE.

Untuk mendukung hal tersebut selain device (perangkat) dan application (aplikasi), juga dibutuhkan network (jaringan) yang handal untuk menopang kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data yang berkualitas, dan Telkomsel berupaya untuk terus meningkatkan kualitas terbaik mobile broadband, baik 4G maupun 3G.

Sebesar apa perbedaan layanan 3G dan 4G saat ini? Alasan apa yang membuat pengguna 2G/3G harus beralih?

Secara teknologi 4G lebih efisien dibandingkan 3G sehingga dengan lebar bandwidth frekuensi yang sama 4G LTE memiliki keunggulan dari sisi pengalaman (experience) yang lebih baik bagi pelanggan untuk menikmati layanan mobile digital lifestyle.

Kami berupaya untuk menghadirkan ragam layanan digital lifestyle berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tentunya dengan dukungan device (perangkat) 4G dan jaringan 4G berkualitas terbaik, pelanggan semakin nyaman dalam menikmati digital experience terbaik.

Tentunya kami selalu memastikan agar stabilitas dan kualitas koneksi 4G yang tawarkan tetap terjaga baik di indoor maupun outdoor. Sejauh ini kami telah menggelar lebih dari 5.200 eNode B di seluruh Indonesia.

Bahkan ketika tidak memperoleh sinyal 4G, pelanggan tetap dapat nyaman berinternet dengan layanan 3G Telkomsel yang handal melalui seamless experience. Layanan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Telkom berupa WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) tersebut berfungsi untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di kawasan dalam ruangan.

Total pelanggan sekarang berapa? Komposisinya antara 2G/3G dengan 4G?

Telkomsel saat ini melayani lebih dari 163 juta pelanggan, dimana 10 juta d iantaranya merupakan pengguna 4G.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Leave a Reply