Bank BNI Cabang Tanjung Selor Bulungan

 

 

Bank BNI merupakan salah satu bank pemerintah yang ada di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara, berlokasi di Jalan Kolonel Sutadji Tanjung Selor.
BNI merupakan singkatan dari Bank Nasional Indonesia. Mengenang bank pemerintah ini, penulis jadi teringat waktu sepuluh sampai lima belas tahun silam. Saat era sembilanpuluhan tersebut, BNI dapat dikatakan sebagai bank yang berjaya dan menguasai pasar.

Dari mulai urusan perusahaan, pemerintahan, sampai pembayaran SPP beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta digawangi oleh BNI. Suasana antrian di BNI begitu panjang dan menjadi hiburan tersendiri bagi mahasiswa baru, terutama para mahasiswinya. Bagaimana tidak? Banyak eksekutif muda yang rapi dan wangi turut antre di sana.

Rentang Sejarah BNI

BNI merupakan bank pemerintah Indonesia yang berdiri semenjak 5 Juli 1946, persis setahun setelah negara Indonesia merdeka. Awalnya BNI didirikan sebagai bank sentral yang mengurusi segala hal tentang keuangan dan mata uang Republik Indonesia. Itulah mengapa setelah beberapa bulan berjalan, BNI lah yang mencetak dan mengedarkan mata uang RI.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 1955, peran BNI sudah bukan lagi sebagai bank sentral tetapi lebih pada bank pembangunan dan berhak untuk bertindak sebagai bank devisa. Di tahun ini pula, dengan penambahan modal yang dirasa cukup, maka BNI ditetapkan sebagai bank umum nasional dan membuka cabang pertamanya di luar negeri yaitu Singapura.

BNI Kini

Saat ini BNI memiliki hampir 1000 kantor cabang dan 5 di antaranya berada di luar negeri. Bank yang saat ini sahamnya dimiliki 60% oleh pemerintah RI dan 40% oleh masyarakat umum ini mencoba terus berkibar dan bersaing dengan berbagai jenis bank serupa yang muncul di kemudian hari.

Produk Perbankan BNI

Produk perbankan yang disediakan oleh BNI, antara lain:

1. Produk BNI – Simpanan BNI Taplus

Yaitu tabungan plus dari BNI dengan berbagai layanan plus bertabur manfaat. Manfaat BNI Taplus, antara lain:

  • Suku bunga progresif dengan tingkat bunga yang menarik. Bunga dihitung atas dasar saldo rata-rata harian. Semakin besar kita menabung, semakin besar pula keuntungan yang akan diterima.
  • Kita dapat melakukan setoran dan  penarikan tunai secara online di seluruh Cabang BNI terdekat. Setoran dan penarikan dapat juga dilakukan melalui e-channel: BNI ATM (Automatic Teller Machine), CDM (Cash Deposit Machine) yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • BNI Taplus memiliki proteksi asuransi kecelakaan diri dan premi asuransi gratis.
  • Banyak dan sering sekali BNI mengadakan undian berhadiah dan rekening BNI Taplus kita akan selalu diikutsertakan.
  • Dengan menabung di BNI Taplus, maka kita akan mendapatkan fasilitas BNI Card, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking dan BNI Token.

2. Produk BNI – BNI Taplus Bisnis

Tabungan ini bisa dimiliki oleh perorangan maupun perusahaan dengan fasilitas yang mempermudah kegiatan bisnis yang dilakukan. Berbagai manfaat dari produk BNI Taplus Bisnis, antara lain:

  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • BNI Taplus Bisnis memungkinkan kita mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Disamping itu, juga mendapatkan gratis asuransi jiwa hingga 1,5 miliar.
  • Mendapatkan BNI Card Gold sebagai kartu debit dengan limit yang lebih tinggi. Bisa dibelanjakan sampai kisaran 20 juta dan tarik tunai ATM sampai 10 jt. Demikian pula dari BNI Card Gold tersebut untuk transfer ke rekening sesama BNI bisa sampai 100 juta sedangkan ke bank lain sampai 10 juta.
  • Rincian transaksi tercetak lengkap di buku tabungan.
  • Mendapatkan fasilitas notofikasi transaksi melalui SMS dan ATS Online (Automatic Transfer System Online)
  • Kita dapat secara otomatis akses ke e-banking BNI seperti ATM, SMS Banking, Internet Plus, dan Phone Plus dari BNI.

3. Produk BNI – BNI Tappa dan BNI Tamma

BNI Tappa merupakan produk tabungan plus bagi pegawai suatu instansi atau perusahaan yang telah menjadi nasabah BNI. Sedangkan Tamma merupakan produk tabungan plus bagi mahasiswa.

4. Produk BNI – BNI Haji

Merupakan produk tabungan haji untuk mempermudah nasabah mewujudkan mimpinya ke Baitullah. Tabungan haji ini tidak dikenakan pajak dan tidak mendapatkan bunga. Di samping itu juga terhubung langsung dengan Siskohat, Kementerian Agama RI. Hal tersebut berkaitan dengan pengenaan porsi untuk mendapatkan kursi keberangkatan.

5. Produk BNI – BNI Tapenas, Tabungan Anak, dan Tabunganku

BNI Tapenas merupakan tabungan pendidikan nasional yang memudahkan nasabah merencanakan biaya pendidikan bagi anak-anak mereka. Sedangkan tabungan anak diperuntukkan bagi anak-anak yang ingin belajar menabung, demikian juga dengan Tabunganku yang memberikan layanan tabungan tanpa dikenakan pajak.

6. Produk BNI – BNI Giro

BNI Giro merupakan sarana transaksi keuangan yang jauh lebih mudah dari tabungan, karena Giro memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Penarikan dapat menggunakan cek atau BG sehingga mempermudah pembayaran kepada rekanan kerja.
  • Tersedian dalam beberapa pilihan mata uang mulai dari USD, SGD, JPY, HKD, EUR, dan GBP.
  • Penyetoran dapat dilakukan secara tunai maupun non tunai melalui mata uang rupiah dan valuta asing.
  • Dilengkapi dengan intercity clearing sehingga mempermudah transaksi dengan berbagai cabang di seluruh Nusantara.

7. Produk BNI – BNI Dollar

Merupakan jenis tabungan berbentuk mata uang dollar. Simpanan kita aman di BNI dalam bentuk dollar dan tidak terpengaruh fluktuasi rupiah. Dengan suku bunga yang menarik dan gratis asuransi kecelakaan diri, maka BNI Dollar patut dijadikan alternatif dalam menyimpan uang.

8. Produk BNI – BNI Deposito

Simpanan uang dalam bentuk deposito memiliki keunggulan yaitu bunganya lebih tinggi daripada tabungan. Hanya saja simpanan deposito tidak bisa sembarang diambil dan harus memenuhi batas waktu yang telah ditentukan. Deposito juga dapat digunakan sebagai jaminan kredit, Bentuk Pemberian Pinjaman (Kredit).

9. Produk BNI – BNI Griya dan BNI Griya Multiguna

Memberikan fasilitas pembiayaan bagi pembelian rumah, apartemen, rusun, rumah kantor, villa, dan pembelian kavling tanah matang atau real estate.  Untuk BNI Griya memberikan pembiayaan antara 15 jt sampai dengan 5 miliar.

10. Produk BNI – BNI Fleksi

Jangan langsung menganggap BNI telah bekerjasama dengan fleksi karena sebenarnya produk ini adalah memberikan kredit tanpa agunan. Jumlah kredit. Kredit yang ditawarkan oleh BNI Fleksi ini berkisar antara 5 juta sampai dengan 50 juta. Bisa sampai 100 juta apabila payroll melalui BNI.

11. Produk BNI – BNI Oto

Merupakan pembiayaan pembelian kendaraan bermotor baik roda dua maupun mobil baik untuk pribadi maupun perorangan dari BNI. Fasilitas pembiayaan antara 5 juta sampai dengan 5 milyar. Bunga yang ditawarkan cukup fleksibel dengan jangka waktu cicilan hingga 5 tahun.

12. Produk BNI – BNI Cerdas

Pembiayaan ini memungkinkan nasabah memperoleh pinjaman dana pendidikan dari mulai sekolah taman kanak-kanak sampai dengan pasca sarjana. Pemilihan sekolah harus sesuai dengan akreditasi yang dibuat oleh diknas dan telah berdiri minimal 3 tahun. BNI Cerdas hanya diperuntukkan bagi pegawai dengan kisaran kredit antara 5 juta sampai 200 juta.

13. Produk BNI – BNI Instan

Fasilitas kredit ini diperuntukkan bagi mereka yang telah memiliki deposito, tabungan, atau Giro dari BNI. BNI Instan sangat sesuai apabila ada keperluan mendadak yang membutuhkan pembiayaan tanpa harus mengambil keseluruhan dana deposito, giro, maupun tabungan.

14. Produk BNI – Kartu Kredit

BNI juga menyediakan fasilitas pembuatan kartu kredit bagi mereka yang memerlukan. Kartu kredit regular ini terdiri dari dua bentuk, yaitu BNI Visa Emas dan Master Emas. Juga tersedia dalam BNI Visa Biru dan BNI Master Biru. Dibedakan antara BNI Master dan Visa untuk memenuhi semua kebutuhan nasabah. BNI Visa bisa dibelanjakan dan dipakai di gerai bertanda Visa demikian juga dengan BNI Master yang bisa dipakai dan dibelanjakan di gerai bertanda Master.

Selain kartu kredit reguler, BNI juga memiliki produk berupa kartu kredit Platinum, Style Titanium, dan kartu kredit Affinity.

  • BNI Simponi, yaitu layanan pensiun bagi mereka yang merencanakan hari tuanya kelak. Semua lapisan masyarakat bisa ikut program BNI Simponi ini. Mereka akan mendapatkan pensiun bulanan dan warisan bagi keturunannya dengan menabung beberapa rupiah dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  • Jasa-jasa lain yang dilakukan oleh BNI sebagai bank umum Nasional :
    • Kiriman uang dalam negeri (BNI Transfer)
    • Kiriman uang Internasional.
    • Safe Deposit Box.
    • BNI Voucher Multiguna.
    • Inkaso.
    • BNI Surat Keterangan Bank.
    • Traveller’s cheque.
    • Uang kertas asing.

     

(Visited 252 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply