Cara Membersihkan Usus Agar Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Ahli kesehatan menyatakan bahwa penyakit yang diderita oleh manusia sebagian besar disebabkan dari perut, dan pikiran. Perut yang berisi organ pencernaan yakni usus, setiap hari diisi dengan berbagai jenis makanan. Makin lama tentu usus akan makin kotor akibat bekerja terus. Karena itu salah satu hadis menyebutkan bahwa puasa adalah salah satu cara untuk membersihkan perut dan usus dan membuat tubuh jadi lebih sehat.

Panjang usus manusia termasuk seluruh saluran pencernaan mencapai 6 kali tinggi badannya. Bayangkan jika sebuah selang air sepanjang itu, tak dibersihkan setelah lama digunakan. Sangat kotor, bukan? Jadi perlu juga membersihkan saluran pencernaan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu membersihkan usus, seperti dilansir oleh Ummi-Online:

Bawang putih
Bumbu dapur yang satu ini memang menyimpan begitu banyak khasiat, salah satunya adalah membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhan jamur dan virus dalam tubuh. Sifat antibakteri yang dipunya bawang putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan usus dari bakteri berbahaya pemicu penyakit.

Minyak kelapa
Minyak kelapa murni dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur di dalam sistem pencernaan. Kandungan asam lemak jenis kaprilat, kaprat, dan asam laurat mampu mengobati infeksi jamur termasuk mencegah pertumbuhan parasit.

Lidah buaya
Gel lidah buaya disebutkan dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, mendinginkan, dan membersihkan usus. Mengonsumsinya secara teratur baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Serat sayur dan buah
Konsumsi serat adalah hal yang mutlak untuk membersihkan organ cerna. Serat dari sayur, buah, biji-bijian, harus selalu dikonsumsi setiap hari demi kesehatan.

Yoghurt
Yoghurt akan menambah bakteri baik atau probiotik dalam usus. Keseimbangan antara bakteri baik dan jahat juga menentukan kesehatan tubuh seseorang.

Air putih
Seperti pembilas, air putih adalah bahan yang tepat jika ingin membersihkan tubuh, organ cerna, dari racun dan kotoran yang menumpuk dalam tubuh. Anjurannya adalah 8 gelas atau 1,5 liter per hari. Jadi jangan lewatkan konsumsi air putih demi kesehatan

(Visited 101 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    Alvin Mohammed7 months ago

    wah artikelnya menarik dan bermanfaat sekali. saya akan coba tipsnya..
    saya juga punya referensi tentang hal seperti ini di http://ps-ik.gunadarma.ac.id
    Salam

    Reply

Leave a Reply