Fenomena Sungai Di Tarakan Memerah

Sungai di Tarakan Merah

Warga RT 21 Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan Kaltara yang bertepat tinggal di sekitaran Sungai Perikanan dikejutkan dengan berubahnya air sungai menjadi merah sejak 3 hari yang lalu. Menurut keterangan warga setempat, kejadian merahnya air yang menjadi tempat alur transportasi warga untuk melaut dan menuju lokasi tambak ini merupakan yang pertama kali terjadi di Tarakan.
Menurut warga air sungai yang berwarna merah tak pernah terjadi sebelumnya. tetapi ia menduga akibat kegiatan bongkar muat kayu merah di sungai tersebut sehingga membuat warna air berubah jadi kemerah-merahan. Bahkan, kejadian itu membuat warga disana bertanya-tanya penyebab air sungai yang biasanya berwarna coklat tiba-tiba menjadi merah.
Air sungai yang bercampur menjadi merah di sepanjang 300 meter ke arah darat dari perbatasan laut  dan masuk ke sungai. Di sekitar perbatasan itu memang terdapat perusahaan udang. Namun, perusahaan tersebut sudah berada di sekitaran lokasi Sungai Pamusian sejak puluhan tahun yang lalu. Sehingga, warga meyakinkan warna merah itu bukan limbah pabrik udang.

Warga lainnya juga membantah merahnya air karena limbah pabrik, akibat obat yang digunakan salah satu pabrik di sekitar sungai, Dugaan kayu merah juga dibantahnya, karena saat ini belum ada bongkar kayu merah di sekitar sungai tersebut, kebanyakan kayu yang masuk justru loading kayu bakau.

Sampai saat ini misteri ini masih belum terungkap. berikut videonya :

 

sumber : korankaltim

(Visited 253 times, 1 visits today)
Rate this article!
Tags:

Leave a Reply