Inilah Doa Yang Harus dibaca Pada Akhir Tahun dan Awal Tahun

Umat Muslim seluruh dunia sedang merayakan momen pergantian tahun baru Hijriah. Sebagaimana tradisi di dalam agama Islam, maka umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa awal tahun dan juga doa akhir tahun.

  • Doa Akhir Tahun

Agama Islam menanamkan prinsip khusnul khatimah. Umat Islam dianjurkan untuk menutup segala sesuatunya  dengan sebaik-baiknya sesuatu. Salah satunya adalah momen pada saat akhir tahun.

Berdasarkan hadis yang diriwayatlan Abu Hurairah, puasa akhir tahun menjadi amalam sunnah yang dianjurkan oleh agama Islam. Puasa akhir tahun dibahasakan sebagai puasa terbaik setelah puasa Ramadan.

“Seutama-utama puasa sesudah puasa Ramadhan ialah puasa Muharam dan seutama-utama solat sesudah solat fardhu ialah solat malam.” (Sahih Muslim)

Selain puasa, ada juga doa yang harus dipanjatkan umat Islam sebelum datangnya waktu Maghrib di hari terakhir tahun itu. Teks doa bisa dilihat lewat gambar.

  • Doa Awal Tahun

Setelah menjalani ibadah puasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah, selanjutnya dianjurkan untuk berpuasa di hari pertama bulan Muharram. Allah SWT akan menghapus dosa umat-Nya yang bersedia menjalani puasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah dan awal Muharram.

“Sesiapa yang berpuasa pada hari akhir Zulhijah dan awal Muharam, nescaya Allah ampunkan segala dosanya walau selama 50 tahun melakukannya.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Amalan berikutnya dilanjutkan dengan doa awal tahun. Rasul mengajarkan sebuah doa awal tahun di mana ketika umat Islam membacanya maka dua malaikat akat membacanya sepanjang tahun.

“Sesiapa yang membaca doa ini pada 1 Muharam, Allah mewakilkan dua malikat memeliharanya pada tahun itu.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Teks doa bisa dilihat lewat gambar. Doa ini sebaikhnya dibaca setelah Maghrib.

 

(Visited 836 times, 1 visits today)

Leave a Reply