Inilah Penyebab Kentut dan Cara Mengatasinya

Penyebab kentut dan cara mengatasinya

Kentut atau Perut kembung adalah masalah besar untuk semua orang, salah satu yang kentut dan orang-orang yang tinggal dekat dengan dia pada saat kentut. Setiap kita telah menghadapi situasi ini dalam kehidupan kita ketika kita telah kentut dan menciptakan situasi yang memalukan bagi semua orang di sekitar. kentut yang berlebihan bisa menjadi masalah besar bagi siapa pun dari kita, mempengaruhi kehidupan kerja kami, waktu sosial dan bahkan hubungan pribadi. Tidak ada keraguan bahwa orang tidak suka berada di sekitar dengan orang yang kentut terlalu banyak.

Kentut bisa sangat sangat tidak menyenangkan, terutama ketika kentut memiliki suara dan bau yang sangat buruk. Mari kita menemukan beberapa cara mudah untuk mengontrol atau menghentikan kentut. Tapi sebelum itu, kita juga harus tahu apa sebenarnya perut kembung, apa yang menyebabkan kentut, kenapa kentut bau, dan masalah kentut.

Perut kembung atau Kentut: Apa sebenarnya itu?

Ketika kita makan, makanan kita masuk ke dalam perut melalui pipa makanan dan mulut,  perut tersebut memecah makanan. Setelah itu, makanan akan bergerak ke usus kecil dan pencernaan selesai di usus kecil. Apa pun yang tersisa, partikel makanan terputus atau tercerna pindah ke usus besar dan kemudian bergerak keluar dari tubuh sebagai limbah cair atau padat melalui anus .Di dalam hal ini seluruh proses pencernaan akan menyebabkan perut kembung atau kentut. perut kembung atau kentut adalah gas yang terbentuk ketika sampah dipisahkan dalam usus besar. partikel makanan tertentu yang terpecah membuat gas sebagai produk sampingan, yang pada waktu tertentu gas tersebut terusir keluar dari tubuh sebagai kentut.

Apa Penyebab Kentut?

Beberapa penyebab kentut adalah sebagai berikut:

– Penumpukan gas setelah makan: Ada makanan tertentu yang mungkin negatif bertindak dengan bakteri usus Anda.Hasilnya adalah penumpukan gas, yang hanya dapat keluar melalui anus. Contoh makanan ini adalah rempah-rempah, kubis, kentang, roti, kacang-kacangan, daging dan produk susu.

– Toleran terhadap laktosa: untuk orang-orang yang toleran terhadap laktosa. laktosa fermentasi dalam perut dapat menyebabkan terbentuknya gas.

– Bakteri di usus: ketika terlalu banyak bakteri di usus Anda, bakteri akan memecah makanan dan ini menyebabkan gas terbentuk di dalam usus, kemudian mengakibatkan kentut.

– Udara tertelan:Hal ini dimungkinkan ketika Anda mengunyah gusi, atau minum cairan berkarbonasi banyak.

– Merokok: Merokok adalah penyebab lain dari kentut.Anda mengambil lebih banyak udara ke dalam tubuh Anda ketika Anda merokok.Udara yang dihirup terlalu berlebihan akan terjebak dalam kerongkongan atau lambung.Ketika terlalu banyak gas menumpuk di usus Anda, itu keluar melalui kentut.

– Asupan obat-obatan:Bila Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara teratur, ini juga dapat menyebabkan kentut karena pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

-.Sistem pencernaan yang buruk: Dokter telah menunjukkan bahwa orang yang menderita sistem pencernaan yang buruk atau orang-orang yang tidak makan makanan yang sehat cenderung menderita masalah kentut.

Mengapa Bau Kentut itu Buruk?

Semua kentut tidak bau.Biasanya perut kembung terbuat dari gas tidak berbau seperti nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Namun, dalam kasus tertentu, kentut Anda bisa sangat  bau. Mengapa? Perut kembung terjadi ketika ada pembentukan gas, seperti karbon dioksida dan nitrogen di dalam perut, yang menyebabkan pembengkakan dan kembung di daerah perut dan ini kemudian dihilangkan dari tubuh.Tapi ketika kentut Anda akan bercampur dengan gas-gas lainnya di perut seperti hidrogen sulfida dan merkaptan dan dengan zat pedas tertentu seperti sulfur, indol dan skatole, kentut dikeluarkan dari tubuh memancarkan bau yang sangat buruk/tidak sedap. Biasanya kentut bau yang dikeluarkan saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak sulfur seperti telur, daging, keju dan sayuran seperti brokoli dan kubis.

Mengurangi dan mengendalikan kentut

Anda tahukan apa yang menyebabkan kentut, oke sekarang marilah kita juga mengetahui bagaimana cara agar dapat mengontrol kentut. Berikut caranya:

– Mengurangi Karbonasi: Mengkonsumsi minuman berkarbonasi seperti, soda, bir, dan lain-lain akan menyebabkan usus Anda akan cepat terisi oleh udara . Jika Anda dapat mengurangi minuman berkarbonasi, maka kentut anda akan berkurang.

– Mengurangi asupan pati atau sari pati: Dari semua jenis biji-bijian, beras merupakan salah satu pati yang lebih baik yang dianjurkan untuk dimakan. Butir beras sangat mudah dicerna. biji-bijian lain seperti gandum, kentang, mie sangat keras pada usus Anda.Jadi lebih baik untuk menghindari mengambil pati ketika Anda telah kentut seperti pati menyebabkan pelepasan gas usus.

– Jangan Mengkonsumsi Permen Karet dan Rokok: Ketika Anda mengunyah permen karet, Anda menelan banyak udara,yang menyebabkan kentut.Demikian pula, ketika Anda merokok, Anda mengkonsumsi lebih banyak udara.Jadi jika Anda telah mengalami kentut, maka berhenti merokok dan mengunyah permen karet jika Anda ingin menyingkirkan masalah ini.

– Meningkatkan pencernaan Anda: Menjaga keseimbangan diet yang sehat, dengan jumlah yang tepat dari protein, vitamin, kalsium, mineral nutrisi lainnya.Ini pasti akan menyebabkan pencernaan makanan dan membantu Anda untuk mengurangi masalah kentut.

Apakah kentut itu masalah yang buruk?

Sebenarnya kentut itu hal yang lazim yang pasti akan di alami olrh semua manusia. Kentut merupakan hal yang normal. Namun, apabila anda terus-menerus mengeluarkan gas/kentut, ini bisa juga menjadi masalah. Dan apabila anda tidak pernah mengalami kentut, ini juga bisa mengakibatkan masalah dalam tubuh anda.

Kesimpulannya, kentut itu baik namun baunya yang kurang baik.

(Visited 130 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply