Irianto : Pertumbuhan Penduduk Kaltara 100 Ribu Pertahun

Irianto Lambrie Penjabat Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) menyambut baik pelaksanaan pekan budaya daerah (Birau) dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bulungan ke 54 dan Kota Tanjung Selor ke 244. Meskipun Pemprov Kaltara belum bisa memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan pekan budaya tersebut, namun ia berharap pekan budaya yang akan digelar besok (hari ini-red) berjalan dengan baik dan mengalami kemajuan dari tahun ketahun.

Lebih lanjut Irianto Lambrie mengatakan, di usia kepemimpinannya yang sudah memasuki satu tahun enam bulan. Dirinya masing belum merasa banyak berbuat untuk kemajuan pembangunan prov Kaltara sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), dikarenakan kewenangan yang terbatas, dan hanya masih sebatas melakukan konsolidasi dengan pemerintah pusat.

Namun demikian, Pemprov Kaltara bersama dengan jajarannya mensyukuri bahwa berkat dukungan dari Kabupaten Bulungan, Malinau, Tarakan dan Nunukan. Secara perlahan tapi pasti roda pemerintahan di Provinsi Kaltara berjalan dengan baik, terutama sekali untuk mempersiapkan DPRD Provinsi dan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kaltara pada tahun 2015 yang akan datang.

Irianto juga menyambut baik pelaksanaan pekan budaya daerah (Birau) dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bulungan ke 54 dan Kota Tanjung Selor ke 244. Meskipun Pemprov Kaltara belum memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan pekan budaya tersebut, namun ia berharap pekan budaya yang akan digelar besok (hari ini-red) berjalan dengan baik dan mengalami kemajuan dari tahun ketahun.

“Kedepannya pemprov Kaltara akan berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Bulungan dalam penyelenggaraan pekan budaya daerah sehingga mampu menjadi event daerah yang bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak, tidak hanya uantuk masyarakat daerah sendiri tapi juga bagi daerah lain akan berkunjung datang ke Tanjung Selor, “ papar Irianto Lambrie.

Dikatakan Irianto lagi, dengan adanya pekan budaya daerah, bukan hanya sebatas kegiatan pagelaran saja yang dapat kita lihat, akan tetapi ada manfaat jangka panjang dan pendek kedepan yang nantinya bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat kita.

Selain itu pekan budaya ini diharapkan bisa menjadi alat perekat kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tercipta situasi yang kondusif, aman dan damai di tengah-tengah kemajemukan masyarakat tersebut.

Melihat usia Kota Tanjung Selor yang ke 224 tahun hampir separuh usia DKI Jakarta, menurut Irianto Lambrie harusnya kemajuan pembangunan Kota Tanjung Selor melebihi separuh pembangunan DKI Jakarta yang usianya sudah mencapai 447 tahun. Namun karena kondisi geografis daerah yang terpisah-pisah oleh sungai dan pegunungan maka hal itu sangat menjadi kendala bagi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan dimaksud.

“Jangka pendek yang harus diupayakan bagaimana aksesbilitas jalan dan jembatan bisa disegerakan, termasuk jembatan Bulan yang menghubungkan kota Tarakan dan Tanjung Selor, dengan harapan bisa menggerakkan seluruh simpul perekonomian masyarakat secara dinamis, “ ujar Pj Gubernur.

Karena itu, kedepannya diharapkan pula untuk pembangunan Kota Tanjung Selor ada akselerasi yang signifikan. Tidak hanya pertumbuhan penduduk tapi bagaimana mewujudkan Kota Tanjung Selor sebagai kota yang layak huni, layak dikunjungi dan dapat dinikmati sesuatu yang unik dan spesial bagi setiap orang.

Meskipun baru satu tahun lebih bertugas di Tanjung Selor, namun Irianto mengaku cukup kenal dengan kondisi daerah ini, baik suku-suku utama dan agama yang mendiami Kabupaten Bulungan seperti; suku Bulungan, Tidung dan Dayak.

“Dari 723 ribu penduduk di Kabupaten Bulungan ini 30 persennya dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara 60 ribu lebih terutama dari Pulau Muna dan Buton, Jawa Timur sekitar 32 persen orang Jawa, ” ujar Irianto Lambrie.

Ia juga mengatakan, bahwa hubungan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Daerah Istimewa Jogjakarta akan ditingkatkan lagi. Mengingat pejabat daerah kedua provinsi tersebut sangat rajin mengunjungi Kaltara untuk bersilaturrahmi dan melihat langsung warganya yang ada di Kota Tarakan dan Kabupaten lainnya di Kaltara.

sumber : beritakaltara

(Visited 61 times, 1 visits today)

Leave a Reply