Kendaraan Terendam Banjir di Bandung Apakah Bisa Di Klaim Asuransi?

 

banjir-bandung-jungkalkan-mobil-di-kawasan-pasteur

Ratusan mobil dan sepeda motor terendam saat banjir menerjang beberapa titik di Kota Bandung, Senin, 24 Oktober 2016. Karena begitu dahsyatnya, beberapa motor dan mobil  bahkan terseret arus yang begitu deras hingga 1 km jauhnya.
Akibat banjir bandang ini kerugianditaksir lebih dari Rp16 miliar. Tak hanya itu, beberapa pemilik mobil kini juga masih harus dipusingkan dengan sulitnya klaim asuransi untuk kendaraan sebagai korban banjir. Yang menjadi pertanyaan adalah sebenarnya kendaraan korban banjir dapat diklaim ke perusahaan asuransi atau tidak?

Jadi meski telah membayar premi asuransi, namun tak semua pemegang polis asuransi sadar bahwa mobilnya belum tentu mendapatkan perluasan jaminan atau extended cover, seperti banjir atau bencana lainnya.

Intinya bagi anda pemegang polis asuransi kendaraan harus dipastiin ada polis perluasan untuk cover banjirnya atau tidak. Jika ada maka akan diganti. Namun jika dalam ketentuan polis tidak ada perlindungan terhadap banjir maka secara otomatis hal tersebut bisa saja ditolak asuransi.
Oleh karena itu, pemilik mobil yang akan membeli asuransi atau sudah memiliki asuransi, harus melakukan perluasan jaminan, serta cek kembali atau tentukan jenis perluasan jaminan apa yang akan dicover asuransi, apakah komprehensif atau total loss only.
Setelah itu, perhatikan juga perluasan jaminan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, seperti kerugian akibat banjir, tsunami, angin topan, tanah longsor, kerugian akibat huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ketiga atau kerugian yang lain. Klaim asuransi bisa saja ditolak perusahaan asuransi, jika pemilik mobil pada dasarnya mengetahui adanya banjir di depan jalan. Namun, mobil bukan diberhentikan, melainkan diterobos.

 

Rekomendasi Asuransi Kendaraan

(Visited 77 times, 1 visits today)

Leave a Reply