Lama Bermain Computer Membuat Remaja Alami Tulang Rapuh

Komputer, laptop, tablet, adalah hal yang kini jadi mainan keseharian anak-anak serta remaja kita. Entah berapa jam sehari bisa dihabiskan mereka di depan komputer. Tanpa terasa, bahkan jumlah waktu yang mereka habiskan di depan komputer jauh lebih banyak dibanding waktu yang mereka habiskan bermain di luar rumah.

Hal ini ternyata tak sehat untuk pertumbuhan tulang anak. sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak dan remaja yang waktunya terlalu lama digunakan untuk duduk di depan komputer memiliki massa tulang yang rendah.

Peneliti  mengamati sebanyak 463 orang anak remaja wanita, serta 484 pria dengan rentang usia 15-18 tahun. Tingkat kepadatan tulang mereka dilihat, demikian juga dengan kebiasaan yang mereka lakukan.

Hasilnya cukup mengejutkan sebab nilai kepadatan tulang sebagian besar remaja tersebut rendah, terutama untuk tulang yang berada di bagian pinggul dan leher.

“Untuk sementara kami masih meneliti faktor apakah yang menyebabkan hal ini. Namun kami menduga bahwa minimnya aktivitas fisik yang dilakukan bisa membuat tulang menjadi rapuh sebab tulang tidak bisa berkembang dengan baik,” demikian tertulis pada studi tersebut.
Hal itu sebenarnya juga tak lepas dari kebiasaan dan makanan apa yang biasa mereka konsumsi. Namun aktivitas fisik yang baik juga menunjang kekuatan dan massa tulang para remaja sebab mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Sarannya adalah mulai mengurangi waktu di depan komputer serta memperbanyak aktivitas fisik.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply