Mengenal Dayak Lundayeh

mengenal dayak lundayeh

Dayak lundayeh merupakan salahsatu bagian dari suku dayak yang mendiami daerah kalimantan. Suku dayak lundayeh berdomisili di daerah pedalaman kalimantan timur tepatnya di kecamatan krayan. Sebagian besar tinggal di pedesaan yang dikelilingi oleh pegunungan yang masih alami.

Bahasa yang umum mereka gunakan sehari-hari adalah bahasa dayak lundayeh (baca : Buri Tau) dan bahasa indonesia.

Masyarakat dayak lundayeh dikenal dengan wataknya yang keras dan berpendirian teguh seperti yang terlihat ketika melakukan suatu pertemuan mereka sangat terbuka mengemukakan pendapatnya sehingga membutuhkan waktu yang lama bahkan seringkali jika pertemuan diadakan malam hari baru usai menjelang fajar. (unbelievable but that the fact) dan mereka juga sangat ramah terlihat dari kebersamaan mereka dalam saling membantu salahsatu contohnya ketika seseorang sedang membangun rumah para tetangga akan datang membantu dengan sukarela dan suatu hal yang saat ini jarang terlihat adalah saling berbagi seperti ketika seseorang baru saja mendapat rejeki lebih seperti mendapatkan binatang hasil buruan dihutan (babi, rusa dll) mereka akan membagikan sebagian kepada tetangga dan keluarga yang lain secara sukarela dan Grattiii…tiiis…tiiis.. dan satu lagi jika ada orang baru yang datang ke desa mereka bersiap-siaplah di undang bergiliran ke setiap rumah warga dan dijamu dengan makanan, meskipun kenyang karena dalam sehari bisa beberapakali diundang ke beberapa rumah dan harus menghabiskan makanan yang ada. Bagi mereka hal ini sudah menjadi budaya dan tradisi yang lazim dilakukan sejak dulu.

Mereka menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi namun ada juga yang berjalan kaki hal ini sudah lumrah terjadi meski jarak yang harus di tempuh sekitar empat jam perjalanan untuk mencapai tujuannya, tapi sepertinya mereka telah terbiasa dengan hal tersebut karena sejak lahir mereka telah terbiasa bekerja keras membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari mereka dengan bekerja di sawah dan memelihara ternak seperti kerbau, babi, anjing, dan ayam.

Bahkan banyak yang memanfaatkan tenaga kerbau untuk mengangkut barang-barang mereka dalam suatu perjalanan jauh yang menempuh medan yang terjal didaerah perbukitan.

sumber : http://dayaklundayeh.wordpress.com/

 

(Visited 920 times, 3 visits today)
Rate this article!
Mengenal Dayak Lundayeh,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply