Mengkudu, Buah Yang Unik dan Kaya Manfaat

Buah mengkudu atau Noni, memiliki cita rasa aneh dengan tampilan luar yang juga kurang menarik. Aromanya tak sedap, sehingga banyak orang kurang suka mengonsumsinya. Namun buah mengkudu ini banyak tumbuh di Indonesia sebagai negara tropis. Dan walau rasa, aroma dan bentuknya tak menarik minat untuk memakannya, namun buah mengkudu ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan, lho.

Ini beberapa manfaat buah mengkudu yang bisa diperoleh manusia, seperti dilansir laman healthiersteps:

Sistem kekebalan tubuh
Buah mengkudu yang dikonsumsi rutin dapat mengaktifkan makrofag, dan juga sistem kekebalan tubuh manusia. Tubuh biasanya akan memproduksi lebih banyak limfosit yang berguna menangkal bakteri, virus serta infeksi. Antibakteri yang dikandung mengkudu juga akan membantu menjaga tubuh dari penularan penyakit akibat Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Redakan nyeri
Buah yang mempunyai banyak biji ini juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri sakit kepala, atau nyeri akibat peradangan rematik. Bahkan jika dibanding obat tramadol dan hidrokortison, mengkudu jauh lebih baik.

Memperbaiki mood
Mengkudu membantu tubuh untuk memproduksi hormon seratonin dan melatonin, yang berfungsi memperbaiki suasana hati jadi lebih baik dan tenang. Stres juga bisa berkurang dengan adanya peningkatan hormon tersebut.

Anti-tumor/kanker
Konsumsi buah Noni juga akan memicu produksi oksida nitrat dalam tubuh yang berguna untuk mengurangi tumbuhnya sel kanker dan tumor. Ada pula kandungan fitokimia yang merupakan nutrisi baik dalam melawan tumor dan kanker.

Tekanan darah tinggi
Penderita tekanan darah tinggi yang mengonsumsi Noni pun dapat peroleh manfaat dengan menurunnya tekanan darah mereka kembali ke normal.

Untuk saat ini, ada banyak cara mengurangi aroma dan rasa yang tak enak dari mengkudu. Bisa dengan mengolahnya menjadi jus, atau ditambah madu dan perasa lainnya. Selamat mencoba.

(Visited 71 times, 1 visits today)

Leave a Reply