Misteri Tablet Karet Tjipetir Kini Terpecahkan

Selama bertahun-tahun pantai-pantai di Eropa utara dan Inggris ‘dikotori’ tablet karet misterius bertuliskan ‘Tjipetir’ yang muncul entah dari mana. Berbagai teori bermunculan, tapi tidak satu pun yang berusaha membuktikan.

Musim panas 2012, Tracey Williams — yang sedang berjalan dengan anjingnya di sepanjang pantai Newquay, Cornwall — juga dibuat terkejut oleh kemunculan tablet hitam terbuat dari karet yang tergeletak di atas pasir.

Tablet itu, seperti biasa, bertuliskan Tjipetir dan berwarna hitam.

Williams tidak seperti kebanyakan orang yang berpuluh tahun melihat tablet karet itu, tapi tidak berusaha mencari tahu. Ia menelusuri dari mana tablet-tablet karet yang mengotori pantai-pantai Eropa dan Inggris.

Pabrik karet Tjipetir. Dari sini tablet karet yang menjadi misteri di Eropa berasal
Ia mempelajari cerita bangkai kapal dari Perang Dunia II, I, atau lebih ke belakang lagi, yaitu Titanic. Apakah kapal-kapal ini membawa tablet-tablek karet saat tenggelam.

Pers Inggris; terutama Daily Mail dan The Times, menurunkan berbagai spekulasi tengang tablet karet ini. Pers Prancis relatif telah mengakhiri investigasinya, April lalu.

Williams melakukan investigasi di luar sumber resmi. Ia mulai dengan mencari asal-usul kata ‘Tjipetir’, yang tercetak di setiap tablet.

Tjipetir adalah nama perkebunan karet di Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Perkebunan beroperasi mulai abad ke-19 sampai awal abad ke-20.

Pabrik karet di Tjipetir, Sukabumi.
Kolonial Verlaag 1916 mencatat perkebunan karet Guttapercha-Onderneming te Tjipetir milik pemerintah Belanda, dan masuk Preanger Regentschappen-Java.

Semula Williams menduga tablet karet itu berasal dari Titanic. Ia memeriksa manifes Titanic, dan benar kapal mewah itu membawa bal karet dan getah perca. Temuan ini pula yang menimbulkan spekulasi liar pers.

Musim panas 2013, Williams terhubung dengan dua orang yang tak disebutkan namanya secara terpisah. Keduanya mengatakan tablet karet Tjipetir berasal dari kapal kargo Jepang yang karam selama Perang Dunia I.

Miyazaki Maru, kapal Jepang itu, karam di 150 mil sebelah barat Kepulauan Sisilia. “Ketika penyelamatan dilakukan tablet getah perca itu dilepas dari palka,” ujar Williams.

Namun Williams bukan satu-satunya yang menyimpulkan tablet karet itu berasal dari Miyazaki Maru. Alison Kentuck, pejabat yang mengurusi kecelakaan dan penyelamatan perairan Inggris, juga mengatakan hal serupa.

Miyazaki Maru ditenggelamkan kapal selam Jerman U-88, dengan kapten Walther Schwieger. Kapal ini pula yang menenggelamkan RMS Lusitania, membuat AS marah dan terlibat dalam Perang Dunia I.

Curtis Ebbesmeyer, seorang pakar kelautan, mengatakan tablet karet Tjipetir diperkirakan masih akan mengotori laut selama bertahun-tahun. Ia akan terus muncul dari badan Miyazaki Maru dan mengapung sampai jauh.

Williams yakin tidak hanya satu kapal yang membawa tablet itu, jika sampai sekian tahun orang masih menemukan produk asal Tjipetir, Sukabumi itu masih ditemukan di tengah laut.

(Visited 58 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply