Nokia N1 – Tablet Android Pertama dari Nokia

Kembalinya Nokia di industri smartphone menjadi berita hangat di dunia maya. Dan kabarnya produsen asal Finlandia ini, menunjuk Foxconn sebagai produsen perakitan tablet terbarunya yang dibekali dengan nama N1 yang kabarnya akan rilis perdana di China pada awal 2015.

Menurut bocoran informasi, N1 akan dibekali dengan bodi berbahan alumunium solid dengan dua varian warna, silver dan abu-abu doff. Banyak yang mengungkapkan, desainnya mirip dengan iPad Mini 3 yang juga memiliki sudut tepi yang melengkung.

Beberapa bocoran juga mengungkapkan, N1 memiliki dimensi bodi yang tipis. Tablet ini memiliki dimensi ketebalan 6,9 yang diperkirakan memiliki bobot berat mencapai 318 gram.Bahkan ada yang mengungkapkan bodi tablet ini, tahan terhadap cipratan air.

Nokia meletakkan tombol yang sama letaknya seperti pada iPad Mini 3, seperti halnya tombol daya dan tombol volume berada di kanan atas. Sedangkan, pada bagian paling bawah diletakkan lubang speaker yang diklaim memiliki kekuatan 0.5W speaker stereo.

Selain itu, ada juga lubang konektivitas micro USB jenist micro USB tipe C. Menurut informasi yang didapat, tipe C ini sendiri memiliki kekuatan transfer data yang lebih cepat. Namun sayangnya, lubang micro USB ini tidak diinformasikan apakah bisa juga digunakan untuk mengisi daya.

Berikut ini akan diulas sedikit mengenai fitur baru yang hadir dalam tablet Nokia N1 terbaru yang dirangkum dari beragam sumber.

 

Z Launcher

Nokia menginformasikan bahwa sistem operasi Android 5.0 Lollipop akan dipadankan dengan UI dari Z Launcher kembangannya sendiri. Tampilan antarmuka yang diklaim cukup unik yang hanya memiliki satu tampilan layer saja. Semua aplikasi akan dimasukkan dalam satu folder yang disesuaikan dengan kategorinya.

Beda tampilan antarmuka Z Launcher dengan UI lainnya adalah terletak dari sistem menjalankan aplikasi yang ada. Pengguna cukup melakukan gesture dengan bentuk huruf di layar, maka aplikasi akan berjalan langsung.

 

Design

Dimensi bodi yang dimiliki Nokia N1 adalah 200,7×138,6×6,9 yang diklaim menjadi tablet tertipis dan ringan yang hanya memiliki bobot 318gram. Jika dilihat dari sisi tampilan, desain yang dihadirkannya memang mirip dengan iPad Mini 3 dengan dimensi layar yang sama 7,9 inci.

Bentuk dan sudut yang menumpul memperlihatkan jelas bahwa N1 memang sangat mirip, hanya perbedaannya adalah pada letak lubang speaker yang berada di belakang bodi bagian bawah.

Hardware

Nokia N1 dibekali dengan dapur pacu dari processpr Intel Atom Z3580 Quad Core yang memiliki kecepatan 2,3GHz dan diklaim berjalan dengan pengolahan data 64bit. Selain itu, pada bagian grafis menggunakan GPU PowerVR G640, chip yang pernah dipakai pada iPhone 5S dan iPad Mini 3.

Pada bagian memori N1 memiliki kapasitas RAM 2GB yang dapat diekspansi hingga 32GB melalui slot micro SD. Sedangkan untuk dukungan daya baterai, N1 meiliki kapasitas baterai sebesar 5300mAh yang diklaim mampu bertahan dalam waktu pemakaian yang lama sekitar 8 hingga 9 jam pemakaian.

Camera

Pada bagian ini, Nokia N1 akan dibekali dengan sensor kamera sebesar 8MP yang memiliki fitur autofokus dengan optik auot fix. Klaimnya, bagian belakang kamera mampu merekam video kualitas Full 1080p dengan halus. Namun banyak informasi mengabarkan bahwa tablet ini juga memiliki teknologi Pureview seperti pada seri Lumia terdahulunya.

Untuk bagian depan kamera, Nokia membekali dengan kamera sebesar 5MP yang diklaim cukup terang untuk membantu para pecinta foto selife dan video chating.

(Visited 94 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    Diadema2 years ago

    wah akhirnya nokia punya tablet android..

    Reply

Leave a Reply