Paling Lambat Tahun 2016 Perwakilan BI sudah ada di Kaltara

Untuk mendukung kebutuhan perekonomian di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Bank Indonesia berencana untuk mendirikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara, dan paling lambat 2016 mendatang.

Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Mawardi BH Ritonga mengatakan, Dewan Gubernur BI telah menyetujui penyediaan kantor perwakilan BI di provinsi Kaltara, dalam waktu dekat ini. “Tahun ini dilakukan survey,” kata Mawardi, Senin (14/10).
Pada tahun ini, ada dua kantor perwakilan yang dibuka di tanah air yakni Papua Barat dan Bangka Belitung (Babel), sedangkan Kaltara masih masuk dalam tahap survey meskipun telah mendapat persetujuan dari Dewan Gubernur BI. Waktu selama dua tahun untuk persiapan, kata Mawardi, terhitung untuk menyiapkan penyediaan gedung, fasilitas termasuk sumber daya manusia untuk perwakilan di provinsi Kaltara, tepatnya di Tanjung Selor, Bulungan.

“Sudah menjadi ketetapan, bahwa di setiap provinsi akan didirikan Bank Indonesia karena tugasnya sangat strategis untuk pergerakan ekonomi dan layanan keuangan kepada perbankan dan masyarakat,” kata Mawardi.

Kendati tidak menyebut detail besaran investasi yang dikeluarkan BI untuk pembukaan kantor perwakilan di setiap kota, namun pastinya seluruh aset merupakan milik Bank Indonesia. “Dua tahun cukup saja. Biasanya BI membeli kantor dan direnovasi sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Layanan keuangan perbankan yang berada di provinsi Kaltara, diakui Mawardi saat ini masih mengandalkan BI Perwakilan Balikpapan atau Kaltim yang terletak di Samarinda.

“Untuk pengambilan uang maka masih mengandalkan dari Balikpapan atau Samarinda dan ini cukup menyulitkan. Oleh karenanya, perlu didirikan BI Perwakilan Kaltara untuk menangani berbagai layanan di wilayah tersebut,” paparnya.
Sumber : tribunkaltim

Posted from WordPress for BlackBerry.

(Visited 150 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply