PLN Meluncurkan Aplikasi PLN Mobile Untuk Kemudahan Pelanggan

PT PLN (Persero) meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon pintar, dengan nama ‘PLN Mobile’ untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Aplikasi berbasis Android ini merupakan produk inovasi PLN yang bekerja sama dengan anak perusahaan PLN yaitu  PT Indonesia Comnet Plus.

Dengan adanya Layanan Aplikasi ini khususnya bagi para pelanggan PLN diharapkan dapat mendukung perbaikan tata kelola pengaduan dan keluhan pelanggan menjadi lebih maksimal serta memutus jalur birokrasi dan prosedur.

PLN Mobile ini terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). PLN Mobile, dan program ini merupakan wujud inovasi dan layanan pusat kontak (contact center) “PLN 123”. Dengan aplikasi “PLN Mobile”, maka pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi tagihan, gangguan kelistrikan, keluhan, pemadaman, maupun layanan PLN.

Adapun fitur dalam aplikasi “PLN Mobile” antara lain bisa mengecek tagihan Pascabayar dan riwayat token Prabayar, simulasi permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara. Aplikasi ini juga bisa melayani permohonan pasang baru/perubahan daya/penyambungan sementara, informasi tarif listrik terupdate, dan cek status pengaduan.

aplikasi-pln-mobile

Ke depannya, fitur yang akan muncul seperti layanan menghubungi PLN 123 tanpa melalui telepon, tetapi menggunakan ‘voice over internet protocol’ (VOIP) dan juga info pemeliharaan, sehingga pelanggan dapat mengetahui alasan mengapa pemadaman terjadi.

Cara Daftar PLN Mobile

Cara mendaftarnya cukup sederhana yaitu dengan mendownload terlebih dahulu di Google Play Store kemudian  dimulai dengan memasukkan nama pelanggan kemudian memasukkan ID pelanggan menggunakan nomor meteran yang ada di rumah.

Setelah itu pengguna memasukkan nomor telepon pelanggan lalu memasukkan kode referensi.  Kode referensi ini berbeda bagi pelanggan yang menggunakan listrik prabayar dengan pascabayar.

Untuk pengguna pascabayar, kode referensi ini berupa jumlah rupiah tagihan terakhir. Sedangkan untuk pengguna layanan prabayar, bisa dimasukkan empat digit terakhir dari token yang didapat pada struk pembelian voucher.

Jikalau tidak hapal kode referensinya, maka dapat dilihat dalam aplikasi Info Rekening PLN atau dapat menghubungi call center 123. Setelah itu masukkan alamat surel masing-masing dengan password yang diinginkan. Klik daftar kemudian tunggu konfirmasi dalam kotak masuk email yang didaftarkan karena dalam surel tersebut terdapat kode aktivasi akun.

PLN Mobile merupakan wujud inovasi dan layanan Contact Center PLN 123 yang juga dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id.

(Visited 196 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply