Resep Pancake Sederhana

sumber : selingkaran.com

sumber : selingkaran.com

Hai, Pecinta Kuliner! Pasti sudah tidak asing dengan yang namanya pancake kan? Atau jangan-jangan, pancake sudah menjadi salah satu menu andalanmu untuk ngemil? Kue datar – melingkar – agak tebal ini memang favorit banyak orang! Tidak hanya karena bentuknya yang lucu, tetapi juga karena banyaknya cara untuk mengkreasikan cara penyajiannya. Banyak sekali variasi topping untuk menyajikan menu yang diciptakan oleh orang Yunani kuno ini. Kalau kamu lihat di toko-toko kue atau bahkan toko khusus yang menjual aneka macam pancake, ada yang menyajikannya dengan menambahkan es krim, lelehan madu, daging-dagingan, juga buah-buahan yang cantik. Namun pastinya, cantiknya penampilan si pancake berbanding lurus dengan harga yang dipasang oleh si penjual makanan. Kamu mau terus-terusan makan pancake tanpa mengocek kantong lebih dalam lagi? Kamu bisa mulai coba aja nih bikin pancakemu sendiri! Dengan bahan-bahan yang tersedia di supermarket terdekat dan juga harga bahan terjangkau, pancake bisa kamu ciptakan kapan pun kamu butuhkan. Penasaran gimana resep pancake sederhana yang lezat tapi rasanya tetep selevel toko-toko pancake di luar sana? Yuk intip bahan apa aja yang dibutuhin untuk bikin kue melingkar ini dan gimana caranya!

Resep Pancake Sederhana

Bahan yang harus disiapkan:

  • 110 gram tepung terigu serba guna
  • 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok rata
  • 1 1/4 sendok teh baking powder.
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh white vinegar atau air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan mentega atau 40 gram margarin, cairkan.
  • 135 ml susu cair atau 3 sendok makan susu bubuk full cream yang dicampur dengan 130 ml air dan diaduk rata

 

Cara Membuat Pancake Sederhana:

  1. Masukkan susu cair dan white vinegar atau air jeruk nipis ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk hingga rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam.
  2. Sediakan mangkuk lain kemudian masukkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula. Aduk hingga tidak ada gumpalan di tepung lagi.
  3. Masukkan mentega cair (yang sudah dingin) ke mangkuk yang berisi susu cair tadi dan campurkan dengan telur. Aduk adonan hingga rata.
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam kocokkan telur dan susu, lalu aduk pelan – pelan menggunakan spatula.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon, kemudian olesi sedikit mentega pada pemukaannya.
  6. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas pemukaan wajan. Tunggu hingga terdapat gelembung-gelembung kecil pada permukaan adonan.
  7. Jangan lupa untuk balik adonan agar bagian atasnya juga matang. Jangan ditekan agar tekstur tetap terjaga.
  8. Bersiap untuk angkat pancake dari wajan ketika warnanya mulai terlihat kecoklatan. Setelah coklat seluruhnya, angkat pancake dan lakukan langkah-langkah sebelumnya sampai adonan pancake habis.
  9. Hias pancake anda sesuai selera.
  10. Kini, pancake lezat sudah siap untuk disajikan!

Cukup mudah bukan? Cocok banget untuk sarapan di rumah, apalagi kalau kamu punya adik kecil. Daripada jajan di luar rumah terus, selain bikin kantong kita cepat menipis, kebersihan dan kesehatan adik kecil kita juga belum tentu terjamin, kan? Yuk, cobain resep pancake sederhana ini! Di jamin semangat ngemil-mu makin meningkat deh dan adik kecil jadi makin betah di rumah! Selamat mencoba resep pancake sederhana ini dan selamat berkreasi!

(Visited 89 times, 3 visits today)
Rate this article!
Resep Pancake Sederhana,5 / 5 ( 1votes )

Leave a Reply