Tips Mengatur Anggaran atau Budget di Musim Liburan

Musim liburan berkaitan erat dengan pengeluaran yang biasanya membengkak. Biasanya seseorang akan menikmati liburan dengan bepergian ataupun berbelanja tanpa mempertimbangkan kondisi keuangan. Sebelum terlalu terhanyut dengan euforia liburan, cobalah beberapa tips untuk menjaga pengeluaran liburan Anda.

– Atur budget Anda

Langkah awal dalam membuat perencanaan keuangan saat liburan adalah merencanakan anggaran. Cobalah membuat pos-pos pengeluaran. Kemudian tentukan berapa banyak uang yang Anda anggarkan terhadap biaya di masing-masing kategori. Dengan melakukan penganggaran tersebut, cobalah untuk tidak melenceng walau sepeser dari anggaran tersebut.

– Buat daftar belanja

Belanja tanpa direncanakan membuat Anda menghabiskan banyak uang dari yang bisa diperkirakan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat daftar sebelum melangkah ke departement store. Buat prioritas kebutuhan Anda dan pastikan membeli barang sesuai yang Anda prioritaskan.

– Tak perlu menunggu hari khusus untuk belanja

Kita sering tergiur dengan kata diskon atau penawaran khusus untuk berbelanja, seperti di Amerika, sangat terkenal program Black Friday dan juga Cyber Moday.Padahal dengan penawaran-penawaran tersebut sebenarnya membuat seseorang lebih konsumtif dan menjadi sesuatu yang mengerikan karena belanja menjadi tidak terkendali. Sehingga akan sangat bagus jika berbelanja ketika perlu saja dan tidak perlu menunggu moment seperti itu.

Kartu kredit vs kartu debit

Kartu kredit sebenarnya sangat tidak disarankan untuk dipakai pada saat berbelanja. Namun, dalam beberapa hal terkadang kartu kredit dibutuhkan dalam memudahkan. Misalnya melakukan transaksi di luar negeri.

Hanya saja, perlu diingat bahwa dengan menggunakan kartu kredit, maka kita tidak mudah menghitung berapa yang sudah dikeluarkan. Sebaliknya, penggunaan kartu debit akan memudahkan dalam mengontrol pengeluaran. Sebab, Anda dapat melihat saldo yang ada di dalamnya.

– Lakukan tindakan sosial

Liburan merupakan sesuatu yang sangat spesial apalagi jika dihabiskan bersama keluarga. Namun, ada kesempatan baik lainnya yang bisa dilakukan saat liburan yaitu memberikan hadiah untuk keluarga atau teman terdekat yang sedang membutuhkan. Anggarkan uang Anda untuk memberikan hadiah yang benar-benar membuat orang terdekat Anda merasa beruntung. Sikap ini bukan hanya memberikan manfaat untuk kerabat Anda, namun juga perasaan bahagia karena bisa membantu sesama.

– Buat dekorasi sesuai anggaran

Ketika Anda pergi ke kafe atau tempat yang dekorasinya sangat menarik, akan terbesit di benak Anda untuk membeli barang-barang dekorasi tersebut dan membuat suasana rumah Anda semenarik itu. Apalagi saat liburan tiba. Namun, kembalilah lihat daftar yang telah Anda buat. Anda bisa membeli barang-barang tersebut, tapi buatlah daftar terlebih dahulu sehingga sesuai dengan anggaran.

– Libatkan para tamu dalam pesta yang Anda buat

Banyak orang suka mengadakan sejumlah acara dan mengundang kerabat selama liburan. Yang terpenting dari itu adalah mengumpulkan anggaran Anda terlebih dahulu untuk membiayai sebagian dari biaya makanan dan minuman Anda. Akan lebih baik jika Anda meminta tamu undangan untuk membawa makanan penutup atau lauk sendiri. Biasanya, orang-orang yang datang ke pesta selalu bersedia untuk diterjunkan.

– Sesuaikan musim liburan Anda

Ini adalah poin terpenting, pada musim apa Anda akan melakukan liburan? Moment tersebut bisa dimanfaatkan untuk merayakan musim liburan itu bersama dengan orang-orang yang Anda cintai. Anda bisa membuat momen khusus bersama mereka, manfaatkanlah anggaran Anda untuk membuat momen tersebut menjadi luar biasa dan tidak terlupakan.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply