Unit Layanan Pengaduan (PANDU) – http://pandu.bulungan.go.id

pandu bulungan

Unit Layanan Pengaduan (PANDU) Bulungan resmi di-launching Bupati Bulungan, H Budiman Arifin, di ruang pertemuan Inspektorat Kabupaten Bulungan. Pembentukan Unit Layanan PANDU ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dengan Bandung Trust Advisory Group (B-Trust).

Selain Bupati Bulungan, launching Unit Layanan PANDU ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bulungan, Syarwani, Direktur Senior B-Trust, Siswanda, jajaran SKPD di Pemkab Bulungan, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Unit layanan PANDU Bulungan merupakan lembaga non struktural bersifat permanen yang berkedudukan di Inspektorat Kabupaten, dimana kewenangannya bersifat penanganan pengaduan yang berkaitan dengan pelayanan publik di setiap SKPD. Pengaduan masyarakat dapat disampaikan melalui website PANDU dengan alamat www.pandu.bulungan.go.id atau SMS ke nomor 0822-81555500.

Perlu diketahui, Unit Layanan PANDU ini dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pembentukan Unit Layanan PANDU di Lingkungan Pemkab Bulungan. Hal ini merupakan langkah Pemkab Bulungan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui sistem penanganan pengaduan masyarakat sebagai mekanisme check and balance sesuai dengan Undang-Udang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

“Hal ini juga menunjukkan komitmen Pemkab untuk membuka ruang partisipasi dan kontrol masyarakat sebagai upaya mewujudkan clean and good governance. Pelayanan publik harus dilakukan dengan akuntabel, transparan, efektif dan efisien,” jelas Budiman.

Siswanda, selaku Direktur Senior B-Trust juga mengatakan, bahwasanya pengaduan yang dilakukan masyarakat dijamin dalam peraturan perundang-undangan, khususnya dalam Pasal 40 ayat (1) Undang-Udnag Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang di dalamnya tertuang arti masyarakat berhak mengadukan penyelenggaraan pelayanan publik, dan dijamin hak-haknya oleh peraturan perundang-undangan.

“Dengan dukungan dan kerja keras Pemkab Bulungan, Unit Layanan PANDU Bulungan dapat dibentuk. Namun perlu disadari bahwa peresmian ini bukan merupakan akhir tujuan, karena tantangan ke depan adalah bagaimana merepon tuntutan masyaralat akan pelayanan prima,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bulungan H Budiman Arifin secara simbolis mengirimkan pengaduan terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Dinas Pendapatan Daerah melalui SMS Centre Unit Layanan PANDU. Disamping meresmikan Unit Layanan PNDU, Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan personel Unit Layanan PANDU kepada Ketua Harian Unit Layanan PANDU, Drs Hamidan.

(Visited 161 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    Jasa Rekrutmen1 year ago

    Jasa Rekrutmen

    Reply

Leave a Reply