​7 Fakta Menarik Tentang Asuransi Perjalanan Yang Wajib Anda Tahu

Asuransi bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Jaman modern yang menuntut segalanya serba cepat dan baru merupakan salah satu penunjang meningkatnya kebutuhan masyarakat akan perlindungan dari asuransi. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi harta benda, hingga asuransi kesehatan. Tapi walaupun sudah dikenal dengan baik, ternyata program asuransi perjalanan adalah salah satu program asuransi yang masih banyak dipertanyakan kebutuhannya. 
Ternyata asuransi perjalanan bukanlah program asuransi yang baru muncul belakangan ini. Melainkan sudah berjalan cukup lama dan banyak disarankan untuk dimiliki oleh para turis yang berkunjung ke negara-negara lain yang ada di dunia. Apa saja kelebihan asuransi perjalanan dibanding dengan asuransi lain serta fakta menarik lainnya tentang asuransi perjalanan? Berikut ulasannya:
1. Asuransi jangka pendek

Asuransi perjalanan dapat dikatakan sebagai salah satu asuransi jangka pendek. Karena asuransi ini mulai berlaku semenjak keberangkatan kita keluar negeri sampai dengan kembalinya kita ke negeri sendiri. Jika kita hanya bepergian selama 14 hari, selama 14 hari itu pula asuransi itu akan berlaku. 
2. Syarat mengunjungi negara eropa

Beberapa negara eropa memiliki satu ikatan khusus, yaitu sama- sama memberlakukan visa schagen. Dengan visa schagen, kita hanya memerlukan satu buah visa untuk dapat mengunjungi banyak negara yang ada di eropa. Seperti misalnya negara Swiss, Denmark, Republic Ceko, Belgia, Austria, Jerman, Yunani, Islandia, Italia, Latvia, Hungaria, Lithuania, Luxembourg, Belanda, Malta, Norwegia, Portugal, Polandia, Slovenia, Slovakia dan Spanyol. Dan salah satu syarat untuk mendapatkan visa schagen adalah kita harus memiliki asuransi perjalanan atau sering juga dikenal dengan nama asuransi travel.
3. Menanggung biaya pesawat

Salah satu keunggulan dari asuransi perjalanan adalah ketika pesawat yang akan kita akan naiki mengalami keterlambatan, kerusakan teknis, pembatalan secara sepihak, atau permasalahan apapun diluar kendali kita yang dapat menimbulkan keterlambatan dan kerugian materi ataupun waktu, asuransi akan menanggung biaya pesawat kita.
4. Menanggung biaya bagasi

Baca Juga :   Allianz Syariah Luncurkan Tasbih

Selain menanggung biaya kerugian atas keterlambatan pesawat, jika barang yang kita bawa mengalami kerusakan, keterlambatan, ataupun hilang, asuransi juga akan siap menanggung kerugian kita itu. Tidak hanya barang yang kita bawa yang akan ditanggung oleh asuransi, barang- barang yang kita tinggalkan di rumah juga akan mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi.
5. Menanggung biaya dokumen

Salah satu keunggulan dari asuransi perjalanan adalah mereka akan menanggung biaya dokumen kita yang hilang. Jika misalkan kita pergi dalam urusan bisnis dan terjadi sesuatu kepada dokumen yang kita bawa dan menjadikannya tidak bisa digunakan sebagaimana harusnya, pihak asuransi akan menanggung biaya kita selama pengurusan dokumen itu lagi dimana tiket pesawat juga termasuk didalam tanggungan.
6. Menanggung biaya rumah sakit

Tidak ada yang menginginkan jatuh sakit saat kita berada di luar negeri. Namun siapa yang bisa mengendalikan hal itu? Tapi dengan adanya asuransi perjalanan, setidaknya ketika kita sakit ataupun mengalami kecelakaan, kita akan mendapatkan kemudahan dalam masalah pengobatan ataupun perawatan di rumah sakit lokal.
7. Menanggung biaya kematian

Tidak hanya ketika kita sakit, misalpun kita meninggal, asuransi akan menanggung biaya evakuasi jenazah kita serta memberikan beberapa penawaran kepada keluarga. Seperti apakah jenazah akan dipulangkan ke negara asal, dikremasi, atau di makamkan di pemakanan lokal. 
Itulah beberapa keunggulan dari asuransi perjalanan yang menjadikannya berbeda dengan asuransi- asuransi lainnya. Namun yang harus diperhatikan jika kita tertarik untuk mengikuti program asuransi ini adalah memastikan apakah biro perjalanan tempat kita membeli tiket adalah biro yang sudah berhubungan dengan perusahaan asuransi perjalanan yang terpercaya atau tidak. Selain itu, pastikan juga apakah biaya tiket yang kita beli sudah termasuk biaya asuransi atau belum. Semoga bermanfaat.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply