​Cara Menghindari Kartu Kredit Dibajak saat Travelling

Kartu Kredit Online 0   14 views 0


Kartu kredit travelling – Apakah Anda memiliki kartu kredit? Tahukah Anda tentang kartu kredit? Saat ini kemajuan teknologi sudah semakin canggih. Salah satu halnya dibuktikan melalui mudahnya cara transaksi. Ketika travelling tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak yang rentan terhadap pencurian. Pada saat ingin melakukan pembayaran dan sejenisnya Anda cukup menggunakan kartu kredit yang dimiliki.
Kegunaan Kartu Kredit

Kartu kredit sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk belanja atau saat travelling. Sifatnya yang simpel dan praktis menjadikan kartu kredit banyak diminati oleh masyarakat untuk dibawa kemana saja agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Tidak lain halnya ketika waktu berlibur atau travelling. Kartu kredit ini bersifat bersifat pasca bayar sehingga tagihan yang ditetapkan juga sesuai dengan biaya yang dipakai.

Dibalik sifat praktisnya, ternyata kartu kredit juga memiliki resiko yang berbahaya seperti halnya uang. Ya, yang menjadi banyak incaran penggunaan kartu kredit yakni ketika berlibur. Kartu kredit travelling rentan diincar oleh penjahat untuk disalahgunakan untuk mendapatkan keuntungan. Jika pada zaman dahulu para penjahat banyak mengincar tas yang berisi uang banyak, saat ini trik pencuriannya juga sudah mengikuti perkembangan zaman dengan cara membajak kartu kredit.
Mengetahui Arti Pishing dan Skimming

Dalam pembajakan kartu kredit travelling perlu Anda ketahui istilah phising dan skimming. Arti phishing adalah pencurian data identitas penting milik orang lain, seperti data pribadi Anda dari nama sampai nomor telepon dan alamat email. Istilah phishing pada pembajakan kartu kredit travelling juga berkaitan dengan data keuangan Anda yang tersimpan seperti nomor rekening, nomor PIN kartu ATM, dan nomor yang ada di bagian belakang.

Baca Juga :   3D Secure Merupakan salah Satu Pengaman Untuk Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit

Adapun untuk istilah skimming adalah teknik lama yang digunakan pembajak kartu ATM atau kartu kredit travelling dengan menempatkan alat tersembunyi pada mesin ATM yang berfungsi untuk mengetahui serta merekam stips megnet kartu ATM.
Cara Menghindari Pembajakan Kartu Kredit Travelling

Waktu travelling memang waktu yang rentan terhadap tindak kejahatan baik berupa penipuan maupun pencurian. Pada saat travelling biasanya orang tidak terkendali untuk mengeluarkan biaya dengan membeli ini itu yang kurang bermanfaat. Ketidakcukupan uang cash untuk membayar, kartu kredit menjadi salah satu cara praktis untuk transaksi pembayaran. Saat itulah kejahatan tanpa disengaja sedang mengintai Anda. Oleh sebab itu, agar Anda terhindar dari pembajakan atau pembobolan kartu kredit travelling, berikut hal yang harus diketahui.

  1. Hindari Koneksi Internet Berupa wifi. Penyediaan fasilitas di tempat-tempat umum tidak selamanya aman apalagi jika Anda diminta untuk memasukkan kata sandi dan Anda menggunakan PIN dalam kartu kredit. Melalui cara ini kartu kredit travelling Anda akan dibajak karena informasi yang diperoleh.
  2. Lakukan Transaksi Pembayaran oleh Diri Sendiri. Terkadang tidak semua orang yang Anda jadikan tangan kanan bersifat selalu baik. Oleh sebab itu, lakukanlah transaksi pembayaran melalui kartu kredit oleh diri sendiri.
  3. Pasang Notifikasi. Pemasangan notifikasi pada kartu kredit travelling menggunakan notifikasi email dan sms setiap transaksi akan membantu Anda untuk menghindari pembajakan. Jadi, apabila ada orang yang membajak kartu kredit Anda maka notifikasi akan masuk ke ponsel yang Anda gunakan.
  4. Perhatikan Lembar Tagihan. Perhatian tagihan transaksi yang telah Anda lakukan menggunakan sms banking atau lembar transaksi. Apabila ditemukan transaksi yang janggal pada kartu kredit travelling Anda segeralah konsultasi dengan pihak bank.
Baca Juga :   Cara Mengecek Mutasi Transaksi Kartu Kredit BRI

Itulah beberapa cara menghindari pembajakan kartu kredit travelling dalam kegiatan sehari-hari. Tetaplah waspada ketika menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran transaksi di tempat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *