​Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asuransi Kebakaran

Saat anda memiliki sebuah rumah ataupun ruko, sering kali ada ancaman yang mungkin tidak akan pernah anda harapkan sebelumnya. Dalam hal ini, ancaman kebakaran merupakan salah satu hal yang paling ditakuti sebab akan menelan semua harta benda yang nantinya akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. oleh sebab itu, sebagai bagian dalam meminimalisir kerugian atas kebakaran tersebut, maka asuransi kebakaran merupakan jalan salah satunya yang bisa anda pilih.

Pada dasarnya, resiko adanya kebakaran ini terjadi dari adanya peranan tiga pihak yang dalam hal ini adalah pemilik rumah yang kurang berhati-hati, tetangga yang ceroboh dalam urusan api atau semacamnya serta adanya faktor dari luar seperti petir. Untuk itu, jika anda menginginkan keselamatan atas segalanya, anda bisa mempertimbangkan asuransi kebakaran sebagai pencegahan atas kerugian lebih lanjut.

Ketahui jumlah nilai pertanggungan yang diberikan oleh asuransi kebakaran

Dalam hal ini, jika anda memiliki rumah dengan fasilitas KPR, maka anda akan mendapatkan proteksi atas segala kerugian karena kebakaran dari asuransi kebakaran yang mencangkup bangunannya saja tanpa adanya percampuran nilai tanah. Biasanya, perlindungan yang diberikan oleh pihak penyedia layanan asuransi untuk resiko kebakaran ini akan mencangkup jangka waktu selama rumah tersebut dalam masa pelunasan. Dengan kata lain, jika rumah anda akan selesai pelunasan dalam kurun waktu setahun, maka setelah setahun anda yang menginginkan manfaat dari asuransi kebakaran ini diwajibkan untuk melakukan perpanjangan. Tanpa adanya peranjangan, maka anda tidak akan lagi merasakan manfaat dari adanya asuransi atas resiko kebakaran tersebut.

Lakukan perpanjangan asuransi dengan nilai yang lebih besar jika memang diperlukan

Jika rumah KPR anda telah lunas maka asuransi kebakaran akan telah selesai. Untuk itu, sering kali pemilik rumah akan melakukan renovasi yang menjadikan rumah tersebut lebih bagus. Untuk mendapatkan manfaat dari asuransi tersebut, maka anda bisa memperpanjang manfaat dari asuransi dengan membayar lebih banyak premi setiap bulannya. Jika anda tidak mengimbanginya dengan premi yang lebih besar, maka anda akan merugi jika terjadi kebakaran suatu saat nanti.

Baca Juga :   Jika Anak Anda 10 Tahun KedepanHanya Lulusan SMA, Anda Mengantarkan Ke Jurang Kemisikinan

Anda telah memiliki polis asuransi lama yang berlaku dan ingin membeli yang baru. Bolehkah?

Sering kali orang menginginkan untuk membeli lagi polis asuransi yang baru saat polis asuransi lama masih berlaku dan hal ini memang diperbolehkan. Tindakan membeli asuransi kebakaran yang double ini juga menguntungkan pihak konsumen yang mana jika asuransi pertama menanggung 100 juta dan asuransi kedua 50 juta, maka jika terjadi kebakaran dengan total kerugian 125 juta, anda akan mendapatkan kembali 125 juta. Jika hanya satu asuransi pertama saja, maka anda akan mendapatkan 100 juta saja.

Ternyata, asuransi kebakaran juga berlaku untuk perlindungan barang di rumah

Perlu anda ketahui bahwa asuransi yang akan menanggung kerugian karena kebakaran akan membantu anda dalam melindungi seluruh perabotan yang ada di dalam rumah tersebut, sehingga anda tidak akan rugi dalam jumlah banyak dengan mengikutsertakan pada asuransi yang satu ini. Dikatakan bahwa jika kerugian yang ditanggung mencapai 125 juta, maka bisa disimpulkan kerugian tersebut terdiri dari kerugian bangunan 100 juta dan perabotan 25 juta.
Peranan asuransi kebakaran akan memberikan keuntungan yang lebih atas resiko kebakaran yang terjadi pada suatu rumah. Namun demikian, perlu diketahui bahwa peranan asuransi kebakaran tersebut akan memberikan manfaat yang maksimal ketika anda juga membayar premi setiap bulannya dengan jumlah yang lebih pula. Dengan cara ini, maka anda akan lebih tenang atas segala resiko yang tidak diinginkan karena kejadian kebakaran.

(Visited 61 times, 1 visits today)

Leave a Reply