​Inilah Manfaat Dana Tunai Kartu Kredit Sebagai Dana Darurat

Siapa sangka jika penggunaan kartu kredit yang dilakukan dengan bijaksana bisa mendatangkan manfaat yang besar bagi kehidupan seseorang. Seiring dengan perkembangan teknologi, transaksi menggunakan kartu kredit merupakan hal yang biasa dan mudah ditemukan di mana-mana. Dengan adanya kemudahan yang demikian ini, ternyata banyak orang yang justru akan terjebak dalam lilitan hutang yang nantinya akan memperpanjang masalah keuangannya.

Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, adanya dana tunai kartu kredit bisa anda jadikan sebagai cara yang mudah dalam memenuhi kebutuhan darurat anda. Sayangnya, hal yang semacam ini kurang dimengerti oleh banyak orang dan untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dana tunai kartu kredit yang bisa anda posisikan sebagai dana darurat.

Suku bunga yang memang rendah

Sering kali salah satu hal yang menjadi pertimbangan setiap orang yang akan meminjam uang sebagai dana darurat adalah ketersediaan dana serta bunga yang akan ditetapkan. Beberapa orang yang kurang memahami manfaat dana tunai kartu kredit dan selalu berfikir atas bunga yang sangat tinggi hingga mampu mempengaruhi kondisi keuangan yang semakin memburuk ini serang kali menjadi penghambat seseorang tidak memiliki kesempatan dalam memenuhi kebutuhan darurat tersebut.

Sebagai solusinya, dengan memanfaatkan dana tunai kartu kredit, maka anda tidak perlu khawatir, sebab anda akan dikenakan suku bunga yang terbilang sangat rendah yang dalam hal ini hanya memiliki batasan di bawah 3% saja sehingga anda tidak akan merasa terbebani. Selain itu, penggunaan kartu kredit sebagai dana darurat akan bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus pergi ke bank.

Adanya fasilitas cicilan yang tetap

Tidak selamanya dana tunai kartu kredit akan memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan darurat. Pasalnya, untuk kebutuhan pengobatan rumah sakit yang kadang akan memakan jumlah yang sangat besar ini akan sangat sulit untuk dilunasi dalam jangka satu bulan, sehingga sebagai solusinya, anda akan menggunakan layanan cicilan melalui kartu kredit.

Baca Juga :   Pengertian Kartu kredit dan kartu ATM

Pemanfaatan kartu kredit yang dalam memenuhi kebutuhan darurat akan memberikan kemudahan berupa cicilan yang jumlahnya tetap selama beberapa bulan yang ditentukan pihak bank.

Dalam hal ini, ada salah satu bank yang memberikan bunga cicilan 0% untuk tiga bulan pertama dan kemudian akan dilanjutkan dengan pemberian bunga yang hanya berkisar mencapai 0,99%. Bahkan, ada juga bank yang akan memberikan bunga 0% dalam kurun waktu 6 bulan pembayaran pertama. Dengan adanya fasilitas tersebut serta manfaat dana tunai kartu kredit yang demikian ini, maka anda tidak akan perlu pusing dengan kebutuhan yang bersifat mendadak.

Berlakunya fasilitas tarik tunai

Sering kali anda hanya mengenal penggunaan kartu kredit yang hanya digunakan dalam transaksi belanja saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan diberlakukannya dana tunai kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan darurat, maka kini pihak bank yang meluncurkan kartu kredit juga memperkenalkan adanya fasilitas cash advance yang akan memberikan kemungkinan bagi anda dalam melakukan penarikan uang tunai melalui ATM.

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa penarikan uang tunai yang nantinya akan digunakan sebagai dana tunai kartu kredit ini akan dikenakan biaya sebesar 3%-4% dari total penarikan uang yang anda lakukan. Untuk itu, pastikan anda mempertimbangkan jumlah penarikan yang anda lakukan setiap kali menggunakan kartu kredit.
Ternyata peranan kartu kredit bisa difungsikan sebagai bagian dari dana tunai kartu kredit yang akan menutupi kebutuhan darurat anda. dengan berbagai fasilitas yang diberikan seperti bunga yang mencapai 0%, cicilan yang tetap hingga adanya fasilitas tarik tunai menjadikan suatu keistimewaan tersendiri bagi anda yang menggunakan kartu kredit dan membutuhkan dana tunai kartu kredit dalam waktu mendadak.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply