​Mencoba Memilih Ipot Atau Bareksa Supermarket Reksadana Online Bagi Pemula

Reksadana online – Keuntungan berinvestasi reksadana mulai banyak dilirik oleh berbagai kalangan akhir-akhir ini. Dahulu, masyarakat di Indonesia masih dikategorikan rendah dalam berinvestasi melalui reksadana, namun sekarang investasi reksadana sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia kelas menengah. Untuk memulai bisnis investasi reksadana caranya juga sangat mudah. Karena ada banyak situs online yang menawarkan kemudahan berinvestasi reksadana.

Situs-situs ini biasa disebut supermarket reksadana online. Situs supermarket reksadana yang paling banyak digunakan sekarang adalah Ipot dan Bareksa. Selain kedua situs tersebut Anda perlu berhati-hati karena banyak juga yang membuka situs serupa namun ternyata hanya berisi investasi bodong. Agar Anda para pemula lebih jelas dalam memahami mengenai kedua situs tersebut, maka simak ulasan berikut  ini.
IPOTFUND.COM / IPOT

Ipotfund/ Ipot telah lama dikenal sebagai salah satu supermarket reksadana online terpercaya. Ipot menyampaikan berbagai informasi dan strategi dalam memilih reksadana online secara gratis. Di dalam situs ini ada lebih dari 150 macam reksadana dari 25 manajer investasi yang dievaluasi secara mendalam

Kelebihannya lagi, di setiap reksadana yang ditampilkan dapat dibandingkan dengan kinerja reksadana lain sehingga Anda dapat memilih mana reksadana terbaik. Bila Anda tidak mau repot-repot membandingkan satu persatu reksadana tersebut jangan khawatir langsung saja lihat pada peringkat reksadana terbaik yang selalu diperbaharui setiap detiknya.

Di Ipot.com terdapat pula fitur fund selection yang cara kerjanya seperti filter guna menyeleksi reksadana berdasarkan kategori-kategori yang Anda masukan. Filter ini berisi berbagai kategori mengenai reksadana. Fitur ini juga sangat memudahkan pengguna pemula untuk dapat memilih reksadana online sesuai modal dan kebutuhan. Di situs ini perdagangan reksadana dibanderol dengan sangat murah mulai dari 100 ribu Anda sudah bisa mencoba berinvestasi.
Bareksa.com / Bareksa

Baca Juga :   PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) Meluncurkan Aplikasi Bernama Moinves

Salah satu supermarket reksadana online yang tidak kalah populer adalah Bareksa.com/ Bareksa. Bareksa menyajikan berbagai informasi dan berita terkini mengenai dunia perinvestasian Indonesia dengan sangat lengkap. Salah satu fitur di Bareksa yang sangat membantu pemula dalam berinvestasi adalah fitur Learning Center. Fitur ini merupakan bagian pendidikan investasi dimana para pengunjung akan diajarkan mengenai berbagai pelajaran dasar tentang dunia investasi.

Disediakan pula penjelasan mengenai istilah teknis dalam pasar modal. Selain itu untuk Anda yang serius ingin belajar investasi reksadana online, disediakan pula sarana belajar gratis melalui tatap muka dalam kelas di setiap akhir pekan atau chatting gratis dengan admin Bareksa melalui Line, Whatsap atau Twitter.

Sama seperti Ipot situs Bareksa juga memiliki filter dan fitur pembanding antar reksadana yang akan Anda pilih. Bila dibandingkan dengan Ipot, analisis mengenai investasi di situs ini lebih luas dan mendalam. Hal ini dikarenakan Bareksa tidak hanya fokus pada reksadana online tetapi juga saham, obligasi dan investasi pada ekonomi makro. Hanya saja kelemahannya di Bareksa  adalah tidak semua info dapat Anda baca gratis seperti Ipot. Beberapa informasi mengenai analisis suatu reksadana secara mendalam biasanya berbayar, meskipun harganya cukup murah mulai dari puluhan ribu saja.

Untuk dapat berinvestasi reksadana online di Ipot maupun Bareska Anda perlu membuat akun dan membuka rekening efek terlebih dahulu. Dana untuk berinvestasi reksadana akan diambil dari rekening efek Anda tersebut. Jadi Anda harus mengisi rekening efek dengan cara mentransfer sejumlah uang ke rekening tersebut.

Kelebihan utama dalam berinvestasi online adalah semua pembelanjaan reksadana tidak perlu ribet mengisi formulir tertentu ataupun menandatangani dokumen apapun. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan sekali klik saja.

(Visited 255 times, 6 visits today)

Leave a Reply