​Tips Membeli Rumah Agar Tidak Tertipu

 

Jual beli rumah – Rumah merupakan kebutuhan pokok dalam hidup. Tanpa adanya rumah tentu tidak dapat dibayangkan bagaimana repotnya untuk beristirahat dan tidur. Ya, saat ini memang sudah terdapat banyak penginapan atau hotel yang dapat disewa. Namun, biaya yang dikeluarkan juga dapat membuat kantong menipis jika dilakukan setiap hari. Oleh sebab itu, rumah tetaplah menjadi hal yang diimpikan setiap keluarga untuk dapat memilikinya.
Pentingnya Sebuah Rumah

Mengingat pentingnya rumah bagi keluarga untuk tempat tinggal, saat ini banyak masyarakat yang menginginkan untuk memiliki rumah impian. Tidak memandang besar atau kecil, rumah tetaplah menjadi istana bagi pemiliknya.

Saat ini Anda tidak perlu lagi merasa repot untuk memiliki rumah di lokasi yang Anda inginkan. Entah rumah di desa atau kota semuanya dapat Anda miliki dengan syarat memiliki dana cukup. Jual beli rumah telah menjadi bisnis populer karena banyaknya permintaan pasar. Bahkan Anda juga dapat memiliki rumah dengan cara kredit. Cukup membayar uang muka sesuai tarif yang ditentukan, ruah pun segera Anda miliki.

Tips Jual Beli Rumah Agar Terhindar Dari Penipuan

Kejahatan memang sudah merebak dimana-mana. Tidak memandang tempat, jabatan, dan jenis bisnis yang dilakukan penipuan pun dapat terjadi. Salah satu yang rentan terhadap tindak kriminal berupa penipuan adalah jual beli rumah. Anda harus lebih berhati-hati ketika ingin membeli atau menjual rumah. Pastikan orang yang Anda ajak transaksi benar-benar orang yang jujur. Agar Anda tidak mengalami hal seperti itu, berikut tips yang perlu diperhatikan dalam hal jual beli rumah.

Lakukan Perjanjian Jual Beli

Lakukan perjanjian jual beli rumah secara tertulis dan bermaterai jika perlu. Hal ini mengantisipasi terjadinya penipuan atau kelalaian dalam hal yang telah disepakati.

Baca Juga :   Gen Halilintar Keluarga Muslim Kreatif dan Inspiratif

Memastikan Developer Berkualitas

Pastikan Anda bekerjasama dengan developer yang professional  dan memiliki reputasi baik. Terlebih jika developer tersebut telah banyak dikenal masyarakat karena hasil produksinya yang berkualitas. Jual beli rumah akan semakin terpercaya jika Anda sebagai konsumen mengetahui SPPT dan sertifikat rumah atau tanah tersebut.

Membeli Melalui KPR

Pilihlah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan mudah tergiur dengan bunga rendah dan harga murah karena tidak ada bank yang mau rugi. Transaksi pembayaran jual beli rumah melalui KPR terpercaya seperti KPR Syariah lebih kecil resikonya dari penipuan.

Lakukan Pembelian secara Tunai

Ketika Anda telah memiliki dana yang cukup untuk memiliki sebuah rumah, sebaiknya lakukanlah jual beli rumah secara cash atau tunai. Melalui pembayaran secara tunai, Anda akan terhindar ari bunga KPR. Selain itu, harga rumah yang Anda miliki juga lebih murah dibandingkan dengan pembelian secara kredit. Namun, Anda juga harus waspada jika ingin transaksi secara tunai. Pastikan rumah yang Anda inginkan telah jadi.

Segera Urus Sertifikat

Sertifikat tanah atau rumah merupakan hal penting dalam kepemilikan sebuah rumah. Pada saat Anda melakukan jual beli rumah segeralah untuk balik nama sertifikat sesuai pemiliknya. Hal ini menghindari terjadinya penipuan atau pencurian sertifikat olah orang yang tidak bertanggungjawab.
Itulah 5 tips melakukan jual beli rumah agar tidak tertipu. Jangan memaksakan untuk membeli rumah mewah dengan harga mahal jika kemampuan belum sesuai dengan keinginan. Rumah istimewa bukan dilihat dari harganya yang menjulang tinggi melainkan dari cara perawatannya dan kerja keras untuk memilikinya. Ingatlah bahwa harga rumah akan selau terus meningkat. Oleh sebab itu, segeralah miliki rumah sesuai kemampuan Anda.

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply