14 Desember Hari Ulang Tahun Pelatih Yoga Dunia BKS Iyengar

BKS Iyengar benama lengkap Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar. Selain pelatih yoga, BKS Iyengar juga adalah pendiri Iyengar Yoga India. Jaringan BKS Iyengar Yoga sudah banyak tersebar di kota besar di dunia. Termasuk di Indonesia berpusat yang di Kemang, Kelapa Gading Jakarta.

B. K. S. Iyengar, atau Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar (lahir 14 Desember 1918 – meninggal 20 Agustus 2014 pada umur 95 tahun) adalah pendiri Iyengar Yoga dan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia. Ia menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi meliputi Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali.

BKS-Iyengar

Iyengar mulai berlatih yoga, tradisi India 2.000 tahun yang lalu, setelah serangkaian penyakit masa kanak-kanak membuatnya lemah. Ia mulai mengajar pada tahun 1930 dan membuka lembaganya di Pune pada 1970-an.

Pada tahun 1952 merupakan awal kenal dengan selebriti internasional, yang berubah menjadi sebuah persahabatan seumur hidup, dan tulisan-tulisannya yang membantu yang membawa praktek Iyengar tentang konsentrasi untuk khalayak global.
Yogacharya Sri B.K.S. Iyengar telah mengembangkan apa yang kemudian disebut Iyengar Yoga dari spiritual, filosofis dan praktis basis yang kuat. Iyengar Yoga adalah cara hidup, bukan aktivitas fisik. Sebelum diterima ke kursus pelatihan guru calon seharusnya tidak hanya telah mencapai standar yang tinggi dalam / prakteknya pribadinya di asana Pengantar, tetapi juga memiliki kesadaran awal kehalusan Iyengar Yoga dan filsafat.
Iyengar Yoga yang diajarkan di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Guru bersertifikat tercantum dalam resmi BKS Iyengar situs www.bksiyengar.com sesuai dengan International Iyengar Yoga standar pengajaran dan diatur oleh Asosiasi Yoga Iyengar Yoga Asosiasi Indonesia dan Iyengar Tenggara & Asia Timur, www.iyengaryoga.asia
Bagaimana Seorang Iyengar Guru Dilatih?

Semua guru dilatih dengan standar ketat yang tinggi. Setelah melakukan program pelatihan guru dua tahun, calon berlaku untuk pergi melalui proses penilaian melalui Asosiasi Yoga Iyengar Tenggara & Asia Timur, (www.iyengaryoga.asia)  yang mencakup rekomendasi dengan mendampingi guru dan komprehensif, pemeriksaan tiga bagian yang mencakup

Baca Juga :   Mengenal Sang Seniman Fenomenal Niki de Saint Phalle

* Menunjukkan kemahiran dalam kinerja asana, atau postur

* Mengambil ujian tertulis pada filosofi, anatomi, dan pengetahuan praktis mengajar

* Peserta diamati mengajar kelas dan dinilai oleh sebuah panel guru senior

Kandidat sukses akan diberikan Pendahuluan Tingkat II Sertifikat oleh Ramamani Iyengar Memorial Yoga Institute, Pune, India dan memungkinkan guru untuk mengajar kisaran tertentu dari asana Introductory (postur). Setelah guru yang berkualitas harus menjadi anggota Asosiasi Guru Yoga Iyengar Indonesia dan akan diberikan penggunaan resmi Iyengar Sertifikasi, sebagai jaminan standar Iyengar pengajaran tinggi.

TANDA SERTIFIKAT

Tanda sertifikasi adalah merek dagang terdaftar yang diberikan kepada guru-guru yang telah dilatih dan disetujui oleh Dewan Sertifikasi Iyengar. Didukung oleh B.K.S. Iyengar, tanda sertifikasi menunjukkan keaslian dan komitmen guru terhadap sistem Iyengar Patanjali yoga astanga. Guru hanya bersertifikat metode Iyengar memiliki hak istimewa untuk menggunakan Sertifikasi Mark (merek dagang terdaftar) dari identitasnya. Hal ini untuk memastikan standar yang tepat dari pelatihan dan akuntabilitas dicapai dan dipertahankan

Guru harus memperbarui lisensi ini setiap tahun dengan menandatangani perjanjian mengulangi kepatuhan guru untuk persyaratan untuk mengajar secara eksklusif metode Iyengar tanpa pencampuran dalam atau mengajar gaya lain dari yoga. Ini adalah keinginan Bapak Iyengar bahwa Mark Sertifikasi ini digunakan oleh semua guru bersertifikat di seluruh dunia sebagai simbol internasional standar tertinggi keunggulan dalam pelatihan dan pendidikan berkelanjutan dalam metode Iyengar yoga.

Tanda sertifikasi telah terdaftar sebagai merek dagang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia oleh Kantor Merek Dagang

Artikel Terkait Yoga :

Baca Juga :   Alessandro Volta Penemu Baterai Ultah ke-270 di tahun 2015

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply