17 Desember Peringati 245 Tahun Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven

Google doodle kembali memberikan penghormatan kepada komponis Jerman Ludwig van Beethoven. Dalam halaman pembukanya google memasang foto kartun Ludwig van Beethoven lengkap dengan komposisi Simphoni 5 (fifth symphony) yang masyur itu.

Alasan Google menampilkan Ludwig van Beethoven karena hari ini tanggal 17 Desember bertepatan dengan peringatan ulang tahun Beethoven yang ke-245. Beethoven lahir di Bonn,Jerman 17 Desember 1770.

Semasa hidupnya Ludwig van Beethoven memberikan pengaruh yang besar pada musik klasik. Selain itu Beethoven juga tercatat sebagai komponis yang berhasil melakukan transisi yang apik antara musik klasik dan romantis ke dalam musik barat modern. Salah satu karyanya yang terkenal Simponi 5 (fifth symphony) menjadi master piece yang selalu dimainkan dalam setiap konser musik klasik di seluruh dunia.

Sebagaimana komponis, Ludwig van Beethoven tergolong unik. Semua orang tak menyangka bahwa Beethoven seorang tuna rungu. Dibalik kekurangan pendengaran alias tuli, Beethoven sukses menulis komposisi-komposisi lagu yang indah.

Pada umur 21 tahun Ludwig van Beethoven pindah Wina, Austria dan berkarya di sana sampai akhir hayat. Beethoven meninggal dalam usia 56 tahun di Wina. Salah satu karyanya yang selalu dipakai dalam liturgi gereja Katolik adalah Missa Solemnis dan opera Fidelio, sebuah karya klasik tentang kesetiaan pada iman dengan overture yang menakjubkan sekaligus menggetarkan para penonton.

Penghormatan Google kepada Ludwig van Beethoven menunjukkan komposisi musik klasik masih tetap indah, dan tak lekang oleh waktu.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Cara Mudah Cari Fund Manager Produk Reksa Dana
Tags:

Leave a Reply