2 Oktober Diperingati Sebagai Hari Batik Nasional

images-1

2 Oktober 2009 badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the oral and intangible Heritage of Humanity). Teknik pewarnaan dengan menggunakan ‘malam’ untuk menutupi sebagian dari kain dalam pewarnaan, dimana dengan teknik tersebut dibuat motif-motif tertentu yang memiliki keunikan dan arti tertentu. Diperlukan kesadaran dan transfer pengetahuan untuk melestarikan budaya batik ini sampai ketingkat pengrajin local yang membuat motif masih menggunakan tangan (batik tulis). Sehingga tanggal 2 Oktober ini menjadi hari batik nasional, beragam lapisan masyarakat dan pejabat pemerintah dan pelajar disarankan untuk menggunakan batik pada tanggal ini.

 

Pada tanggal 2 oktober ini, seluruh masayarakat Indonsia baik pegawai negeri, swasta, bahkan pelajar disarankan untuk mengenakan pakaian Batik.

Hari Batik Nasional untuk tahun 2016 ini bertepatan dengan hari Minggu.

Jika pada hari kerja, maka pemerinth meminta instansi, dan para pegawai untuk memakai baju batik. Selain itu, batik juga sudah menjadi seragam resmi bagi banyak kantor pada hari jumat.

Hari ini, di media sosial twitter pun sudah ramai dengan netter yang mengucapkan selamat Hari Batik Nasional 2016. Bahkan kata tersebut sudah menjadi trending topik sejak tadi pagi.

(Visited 2 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Tips Bertransaksi Aman di Internet Banking BNI

Leave a Reply