3 Cara Memilih Asuransi Perjalanan yang Baik

Sebelum melakukan perjalanan jauh, baik itu ke luar kota atau pun ke luar negeri, ada baiknya Anda mempertimbangkan asuransi perjalanan atau travel insurance. Keuntungan asuransi yang ditawarkan dengan produk ini penting sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal tidak diinginkan selama berlibur atau bepergian untuk urusan pekerjaan.

Sejauh ini belum banyak pilihan asuransi perjalanan di Indonesia. Kebanyakan perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan adalah perusahaan luar negeri. Namun demikian bukan berarti perusahaan di dalam negeri tidak ada yang mengeluarkan produk asuransi perjalanan. Kini sudah ada beberapa perusahaan di Tanah Air yang mengeluarkan asuransi perjalanan.

Sebelum Anda memilih produk asuransi perjalanan, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan yakni:

Besaran perlindungan

Pembeli premi asuransi perjalanan harus meneliti secara detil hal apa saja yang ditanggung. Jangan sampai membeli premi asuransi yang sama dengan premi yang sudah dimiliki. Misalnya saja cukup membeli asuransi perjalanan yang menanggung kehilangan barang karena sudah memiliki asuransi jiwa sebelumnya.

Waktu perlindungan

Pilihlah asuransi perjalanan sesuai dengan lamanya waktu melakukan perjalanan.  Asuransi perjalanan biasanya hanya akan menanggung risiko saat melakukan perjalanan. Misalnya disesuaikan dengan tanggal yang tercetak pada tiket pergi dan pulang.

Luas perlindungan

Untuk perjalanan wisata atau perjalanan yang berisiko tinggi, biasanya perusahaan asuransi enggan menanggung. Risiko tinggi yang dimaksud di antaranya olahraga ekstrem, wisata alam liar, atau ke tempat yang dianggap berbahaya misal ke daerah konflik. Untuk aktivitas ekstrem biasanya perusahaan asuransi akan menetapkan premi tambahan.

(Visited 52 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia 2015

Leave a Reply