3 Cara Screenshot Di Berbagai Merk Laptop dan Sistem Operasi, Super Mudah Cuma Dengan Sekali Pencet

Screenshot atau Menangkap Layar di Handphone sebenarnya gampang, tapi mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop. Apalagi, terkadang tiap sistem operasi ataupun merk punya cara yang berbeda-beda.

Gak usah khawatir, jika kamu masih bingung atau bahkan belum tahu sama sekali cara screenshot di laptop bisa simak ulasan Tips berikut. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba, mulai dari cara screenshot laptop dengan sistem operasi Windows hingga tangkap layar untuk beberapa merek laptop tertentu.

1. Cara Paling Gampangnya adalah dengan Menekan tombol “PrtSc” (Print Screen)

Umumnya, metode ini bisa dipakai sebagai cara screenshot di laptop dengan Sistem Operasi Linux dan laptop dengan merk Axioo. Langkah-langkahnya pun sangat gampang.

Khusus Linux, buka halaman yang ingin kamu tangkap gambarnya. Kemudian tekan tombol ‘PrintScreen’ atau ‘PrtScr’ yang ada di kanan atas keyboard (biasanya ada disamping tombol F12)

Screenshot di linux

Lalu akan muncul pemberitahuan pop up seperti gambar diatas. Klik  Save jika ingin menyimpan dan klik Copy to Clipboard jika ingin menyimpan di Clipboard.

Sementara di Windows caranya sama kayak di atas, tapi kalau di Windows akan otomatis di salin ke Clipboard. Jadi harus di pastekan dulu ke Aplikasi Paint apabila ingin di Simpan di Laptop.

2. Kalau tidak mau ribet di Sistem Operasi Windows, coba klik tombol “Windows” + “Print Screen”

Jika berhasil, biasanya layar laptop kamu akan berubah jadi gelap selama 1 detik. Dan hasil Screenshot nya pun langsung di Simpan di Folder C:\Users\NamaUser\Pictures\Screenshots. Jadi sekalipun mau ambil 100 kali screenshot pasti mudah kalau pakai cara ini.

  • Tapi jika ingin langsung di share ke orang lain, cukup tekan “Windows” + “H”

Cara ini bisa digunakan jika kamu ingin menangkap layar sekaligus mengsharekan ke orang lain. Setelah menkan tombol tersebut, makan akan muncul secara otomatis “Windows Share Toolbar” yang dimana fungsinya adalah untuk berbagi file.

  • Bagi yang Laptopnya merk HP , Asus, dan Acer

Buka Page yang ingin ditangkap layarnya, kemudian tekan tombol Alt+PrtSc atau bisa dengan Fn + PrtSc.

Sama seperti cara nomor 1, hasil tangkapannya akan tersimpan di clipboard dan bisa langsung kamu pastedi aplikasi Paint. Save jika sudah.

  • Screenshot di laptop Lenovo dan Toshiba

Tekan Tombol Fn dan PrtSc secara bersamaan untuk screenshot halamanyang kamu inginkan. Jika sudah, tempelkan hasilnya ke aplikasi Paint dan edit sesuai kebutuhan.

Kamu bisa mengedit dan menyimpan gambarnya dalam berbagai format foto, seperti jpg, jpeg atau png.

  • Bukan User Windows, Begini Cara Screenshot di MacBook

Klik dan tahan  secara bersamaan tombol “Command + Shift + 3”. Apabila suara Macbook diaktifkan, akan terdengar suara shutter kamera yang menjadi pertanda kalau screenshot telah berhasil. Gambar yang berhasil di screenshot akan otomatis disimpan di Desktop dalam format .png.

3. Cara Screenshot di Laptop dengan bantuan Aplikasi atu Add-On Browser

snipping tools windows

Image by Microsoft

Ini merupakan solusi apabila tombol “PrtSc” tidak berfungsi atau ketika kalian males menggunakan keyboard.

  • Buka aplikasi Snipping Tools.
  • Pilih Mode area yang ingin di tangkap layarnya.
  • Setelah itu Cut & Save.

ketika Surfing di Internet dan ingin mengambil seluruh halaman layar website,

  • Install add-on/ekstensi Full Page Screen Capture di Browser Chrome atau Firefox
  • Buka Halaman/Website yang ingin Capture
  • Klik Icon Kamera di pojok kanan atas browser Chrome.
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu Kilk tombol Unduh untuk menyimpan hasilnya. Bisa juga dijadikan PDF.

Print screen seluruh web

Gimana, easy bukan cara screenshot di laptop? Bahkan yang gaptek pun akan bisa dalam sekali coba, karena ada banyak sekali cara super mudah untuk menangkap layar laptop. Bisa pakai Shortcut Keyboard ataupun dengan aplikasi bawaan laptop itu sendiri.

(Visited 15 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply