Saat ini, gaya hidup masyarakat Indonesia tengah hangat-hangatnya menapaki kegiatan trading saham. Baik itu milenial muda, dewasa, hingga pensiunan tengah kepincut dengan investasi ini.

Meski begitu, ternyata masih ada yang belum tahu apa itu saham dan bagaimana cara membelinya yang benar. Bagi sebagian masyarakat awam saham memang belum begitu familiar, bahkan cenderung dijauhi karena risikonya.

Tetapi di balik risikonya juga menyimpan keuntungan yang berbanding lurus. Dengan kepemilikan saham maka Anda akan mendapat keuntungan berupa dividen yang dibayarkan tiap tahun.

Enak kan? Keuntungan  tersebut tidak harus berupa dana tunai, bisa juga berupa penambahan lembar saham. Keduanya sama-sama menguntungkan.

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana menyusun portofolio serta membeli saham yang baik, baca tiga langkah cepat trading saham ini ya!

  1. Memilih Broker Terbaik dan Terpercaya
Langkah Cepat Trading Saham untuk Pemula

Langkah mudah membeli saham yang pertama, Anda harus mempunyai broker saham terpercaya dan aman yang akan membantu Anda dalam membeli dan menjual saham.

Saham yang Anda perjualbelikan melalui broker lokal disebut dengan sekuritas saham. Pilihlah sekuritas lokal jika Anda mengincar sahamd ari perusahaan lokal nasional. Saat ini sekuritas lokal juga sudah ada begitu banyak, hanya pandai-pandai memilihnya saja.

Bahkan tak sedikit yang menyediakan layanan pendaftaran online dengan syarat cukup mudah yaitu KTP, rekening bank, NPWP, dan dana awal.

Apabila semua syarat sudah terpenuhi Anda bisa segera mendaftar dan mendapatkan rekening dana  nasabah (RDN), setelahnya Anda wajib melakukan setoran awal.

Tidak semua sekuritas menerapkan setoran awal tinggi, beberapa di antaranya masih cukup terjangkau kantong dan dengan dana tersebut Anda sudah bisa melakukan jual beli saham.

Tak jauh berbeda dengan broker lokal, Anda juga bisa membeli saham dari perusahaan luar negeri. Cara trading saham luar negerisama, Anda cukup mencari broker asing yang terpercaya.

  1. Fundamental Perusahaan
Langkah Cepat Trading Saham untuk Pemula

Setelah memiliki RDN, Anda sudah bisa memilih saham mana yang ingin Anda beli. Namun sebelum memilih broker saham pelajari dulu fundamental perusahaan. Artinya kinerja perusahaan baik dan memiliki keuangan yang sehat.

Yang tidak kalah penting adalah psikologis Anda sebagai investor, jangan berharap kaya dengan instan.

Investasi saham ialah proses di mana Anda ada seseorang yang memiliki dana menanamkan atau menginvestasikan dana ke sebuah perusahaan dengan imbalan keuntungan  berupa kinerja yang baik dari perusahaan.

Dengan begitu nilai saham akan bertambah atau meningkat di mana hal ini akan memberikan keuntungan pada Anda. Sebagai investor, Anda juga wajib mengikuti perkembangan dan berita saham Anda di perusahaan tersebut.

Tentunya dari sumber terpercaya agar tidak salah mengambil keputusan akibat berita yang belum tentu benar.

  1. Membeli Saham Lokal atau Asing

Ada dua jenis saham, yaitu lokal dan asing. Keduanya jenis saham ini memiliki persamaan dan perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Investor sama-sama memiliki saham di perusahaan tersebut meskipun hanya selembar saham. Pun dengan dividen yang akan dibayarkan tahunan tetap didapatkan sebagai keuntungan dari penanaman saham Anda.

Sekarang ini, melakukan investasi saham sudah sangatlah dimudahkan. Anda bisa memperjualbelikan saham dengan cara online, bahkan melakukan pembelian sahamnya pun sudah sangatlah mudah.

Untuk menghindari penipuan, trik memilih broker saham adalah pilihlah dari perusahaan yang berada di dalam daftar LQ45 di mana daftar perusahaan ini tercatat dalam bursa efek Indonesia yang memiliki likuiditas bagus. Sedangkan sahamnya disebut dengan bluechip.

Saham luar negeri juga tidak kalah keren, hanya perbedaannya di mata uang yang akan gunakan untuk jual beli serta pembayaran dividen. Bagaimana dengan tiga langkah cepat trading sahamdi atas? Mudah dan cepat bukan?

(Visited 40 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini