3 Produk Perbankan Syariah Terbaru yang Banyak Dipilih

Produk perbankan syariah terbaru – Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui layanan dan produk perbankan terbatas hanya pada pinjaman dan simpanan konvensional semata, padahal sebenarnya masih banyak. Banyak sekali produk-produk yang menarik yang dapat dimanfaatkan, tidak terkecuali produk perbankan syariah yang belum diketahui oleh masyarakat luas.

Produk Perbankan Syariah Terbaru

Produk perbankan syariah dapat berbentuk simpanan atau tabungan, pinjaman, pembiayaan, dan jasa. Sebenarnya sama saja dengan produk-produk pada bank konvensional. Adapun perbedaannya biasanya hanya ada pada sistem dan akad yang digunakan.

Di bawah ini ada beberapa produk perbankan syariah yang bisa dimanfaatkan masyarakat luas sesuai kebutuhan, diantaranya :

Bunga Deposito Tertinggi di 4 Bank Besar Indonesia

  1. Sistem Bagi Hasil

Produk dengan sistem bagi hasil adalah istilah dari pemberian pinjaman uang ke debitur. Adapun akad yang dipakai sesuai ketentuan syariah ialah bagi hasil. Jadi tidak memakai konsep bunga bank seperti pada bank konvensional. Adapun jenis produk ini ialah sebagai berikut :

  • Mudharabah, yaitu kerja sama yang terjadi dengan cara memberikan pinjaman usaha atau modal untuk debitur dalam hal ini disebut mudharib sesuai perjanjian yang sudah disepakati kedua pihak untuk memperoleh laba usaha.
  • Musyarakah, yaitu kerjasama kedua belah pihak ataupun lebih melalui pembagian laba maupun kerugian sesuai besarnya persentase uang yang dipakai untuk dijadikan modal usaha. Misalnya produk pembiayaan usaha pada bank konvensional
  • Musaqah, yaitu kerja sama untuk mengelola tanaman atau kebun dengan pembagian berdasarkan akad yang terjadi antara pengelola dan pemilik kebun.
  • Muzara’ah, adalah sistem kerjasama dalam pengelolaan tanah atau lahan orang lain lewat sistem pembagian imbalan antara pemilik lahan dengan pengelola sesuai kesepakatan.
  1. Simpanan

Produk tabungan atau simpanan di perbankan syariah memungkinkan nasabah dikenakan biaya titipan. Meliputi :

  • Mudharabah, yaitu simpanan uang yang bisa dipakai oleh pengelola modal dalam hal ini perbankan untuk dijadikan modal bisnis dengan imbalan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan yang terjadi antara bank dengan nasabah.
  • Wadi’ah, yaitu titipan yang memungkinkan nasabah bisa menitipkan uang atau barang dengan ketentuan adanya biaya atau fee titipan dari pengelola titipan atau bank Syariah itu sendiri. Seperti halnya simpanan atau produk tabungan di bank konvensional.
  1. Jual Beli

Untuk produk perbankan yang satu ini meliputi :

  • Bai Salam, ialah akad jual beli berbentuk pemesanan produk atau barang sesuai keinginan pembeli dan disanggupi oleh penjual atau pembeli.
  • Bai Murabahah, yaitu pembelian barang lewat penambahan keuntungan atau laba yang diketahui pembeli. Dalam hal ini, penjual pun berkewajiban memberitahukan adanya modal pembelian benda atau barang tersebut, jadi ada kejelasan harga dan keuntungan yang diperoleh penjual.
  • Bai Istishna, yaitu kada jual beli berbentuk pemesanan produksi barang sesuai kriteria yang sudah ditetapkan pembeli sekaligus disepakati penjual atau pembuat. Adapun metode pembayaran yang digunakan pada akad ini dapat dilakukan lewat metode cicilan.

Itulah beberapa produk perbankan bank Syariah. Kini Anda juga bisa memulai investasi syariah online untuk menambah passive income yang tak hanya menguntungkan, tetapi lebih aman dan halal bagi agama Islam.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply