4 Bank Raksasa Indonesia (Mandiri, BCA, BNI, BRI) Satukan Sistem Uang Elektronik atau E-Money

Sebanyak empat bank raksasa nasional berencana melebur sistem pembayaran non tunai (cashless) melalui uang elektronik ke dalam satu jaringan bersama dalam waktu dekat. Keempat bank tersebut antara lain, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk.

Kerja sama tersebut merupakan implementasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang interkonektivitas dan interoperabilitas dalam rangka National Payment Gateway (NPG) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI).

Seperti diketahui empat bank tersebut merupakan pemain besar dalam bisnis uang elektronik. Berdasarkan data bank sentral, keempat bank tersebut telah menguasai sebesar 75 persen pangsa pasar kartu debit dan kredit di Indonesia.

Adapun untuk produk uang elektronik tersebut yakni e-money milik Bank Mandiri, Tapcash BNI, Brizzi BRI, serta Flazz BCA.

Nantinya dengan penggabungan sistem, keempat bank tersebut bisa saling memanfaatkan infrastruktur yang telah dibangun sebelumnya oleh bank pelopor. Sebagai contoh, nantinya Bank Mandiri akan mempersilakan kartu Flazz BCA bisa digunakan di Gerbang Tol Otomatis (GTO) yang saat ini pengelolaannya dipegang oleh Bank Mandiri.

Begitu pula sebaliknya dengan layanan pembayaran parkir non tunai (Secure Parking) yang selama ini didominasi oleh Flazz BCA. Kartu uang elektronik yang diterbitkan ketiga bank BUMN tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk membayar parkir di platform yang dibangun oleh BCA.

Penggabungan sistem tersebut bisa tuntas dalam kurun waktu dua bulan ke depan. Saat ini masing-masing perseroan tengah mengkaji manfaat komersial yang ditimbulkan dari kerja sama tersebut.

Yang pasti kerja sama tersebut harus saling menguntungkan. Dengan kerja sama ini, Bank Mandiri bisa menggenjot perolehan pendapatan berbasis komisi (fee based income).

(Visited 63 times, 1 visits today)
Baca Juga :   Cara Mudah Buka BNI Taplus Anak Serta Monitoring Via Internet Banking

Leave a Reply