4 Cara Mengatur Gula Darah Agar Normal bagi Penderita Diabetes Melitus

Bagi penderita diabetes melitus, menjaga kadar gula darah agar tidak naik drastis hukumnya harus. Apabila kadar gula dalam darah terlalu tinggi maka akan berdampak buruk bagi penderita. Inilah 4 cara mengatur gula darah agar normal bagi penderita diabetes melitus.

Hindari Stres Berkelanjutan

Jika penderita sering mengalami stres, maka harus menepisnya dengan cepat. Stres dapat memperburuk kondisi gula dalam darah sehingga perlu diatasi dengan berbagai cara yang tepat. Stres mengakibatkan penurunan insulin serta peningkatan beberapa jenis hormon dalam tubuh.

Read More

Hal itu dapat meningkatkan produksi gula darah yang diproduksi oleh liver dan mengganggu aliran darah. Anda dapat melakukan berbagai upaya guna mengurangi stres seperti ngobrol dengan seseorang yang dapat dipercaya. Stress juga berkurang dengan cara meningkatkan hobi yang bermanfaat.

Selalu berpikir positif agar tidak merasakan stres berkepanjangan. Hindari memikirkan hal yang tidak begitu penting. Pikiran yang baik akan berdampak baik pula bagi kesehatan Anda.

Perhatikan Asupan Karbohidrat

Kadar gula darah yang naik juga dipengaruhi oleh tingginya asupan karbohidrat dalam tubuh. Oleh karena itu pastikan Anda memperhatikan asupan karbohidrat setiap hari. Karbohidrat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya adalah 200 – 245 gram.

Setiap orang membutuhkan jumlah karbohidrat yang berbeda, tergantung berat badan, usia dan kegiatan yang dilakukan. Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat dikontrol dengan mudah.

Jika asupan karbohidrat kurang dalam tubuh, maka tubuh akan memanfaatkan lemak sebagai sumber energi. Jika asupan karbohidrat berlebihan juga akan berpengaruh pada kadar gula dalam darah sehingga tubuh menjadi lebih mudah lelah. Efek samping lainnya dari kekurangan karbohidrat dalam tubuh yakni meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas.

Perbanyak Asupan Serat

Cara mengatur gula darah selanjutnya yakni dengan meningkatkan asupan serat. Berdasarkan kutipan dari Everyday Health, mereka yang memiliki asupan serat lebih banyak dapat mengalami penurunan risiko diabetes tipe dua. Penurunan risiko tersebut diperkirakan sebanyak 15% hingga 19%.

Asupan serat yang tinggi dalam tubuh juga dapat mengatasi berbagai penyakit saluran pencernaan. Bagi Anda yang mengalami obesitas, asupan serat yang cukup pun dapat membantu penurunan berat badan. Setiap pria direkomendasikan untuk mengonsumsi serat sebanyak 30 gram hingga 38 gram per hari. Sementara wanita disarankan mengonsumsi sebanyak 21 gram hingga 25 gram serat per hari.

Anda bisa mendapatkan serat dari berbagai sumber seperti sayur, buah hingga kacang-kacangan. Sumber serat tersebut dapat diolah sesuai selera dan cara yang tepat. Anda bisa mengolah kacang-kacangan menjadi bubur, buah menjadi jus dan lain sebagainya.

Tidur Berkualitas

Tidur selama 8 jam di malam hari disarankan untuk menjaga pola tidur sehingga dapat membuat gula darah normal. Waktu tidur yang berkualitas juga dapat meningkatkan kinerja tubuh agar tidak mudah lelah. Risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit lainnya kerap mengancam mereka yang tidak memiliki waktu tidur berkualitas.

Jadi, pastikan Anda memenuhi waktu tidur sesuai dengan saran dari dokter. Bagi yang sering mengalami susah tidur, lakukan beberapa hal agar mudah terlelap. Anda bisa mengatur suasana kamar tidur yang nyaman, hindari alkohol dan kafein dan jauhkan barang elektronik.

Itulah informasi singkat mengenai 4 cara mengatur gula darah agar normal bagi penderita diabetes melitus. Jangan biarkan penyakit menguasai tubuh Anda dengan terus berusaha agar lekas pulih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini