Bagi Anda yang baru saja mengenal dunia penjualan online wajib tahu dengan istilah bisnis afiliasi agar mampu mendapatkan ketepatan sasaran pasar. Bisnis afiliasi merupakan cara jual beli dengan bantuan media elektronik dan jaringan internet dengan menggabungkan perangkat lunak sebagai wadah untuk memasarkan produk. 

Ada 4 program bisnis afiliasi yang saat ini mulai marak dan akan semakin eksis di masa mendatang. 

  1. Program Marketplace

Program marketplace atau online menyertakan banyak perangkat pembantu seperti tool, software, template atau fisik produk. Dengan mengangkat Program Bisnis Afiliasi marketplace, Anda akan menyajikan spesifik barang satu per satu untuk menjelaskan kepada calon pembeli. 

  1. Program Tiketing

Pernahkah Anda memesan tiket perjalanan menggunakan sistem online?

Jika pernah, tentunya termasuk klien program tiketing yang tahu bagaimana cara memesannya ya. Dahulu memesan tiket secara online masih dihindari karena keterbatasan media (ponsel pintar). Saat ini pihak perusahaan perjalanan memberikan kemudahan Program Bisnis Afiliasi ticketing, jadi setiap orang bisa membuka jasa penjualan tiket perjalanan yang aplikasinya resmi diunduh. 

Dengan mengunduh aplikasinya, Anda bisa menjual tiket perjalanan yang harga tiketnya telah dibandrol oleh pihak perusahaan perjalanan. Jika Anda mendapatkan klien maka komisi harga tiket akan diberikan oleh pihak perusahaan dengan cara langsung atau dikalkulasi setiap jangka waktu tertentu. 

  1. Program Produk Tunggal 

Dalam hal ini, Anda hanya boleh menjual satu macam produk saja dengan target penjualan online setiap bulan. Misalnya, Anda menjual baju gamis merek Sanwali, dalam satu bulan Anda setidaknya harus bisa menjual sebanyak 100 pcs gamis dengan bonus 100%. 

Komisi 100% akan diberikan setelah Anda capai 100 penjualan dan tanpa masalah transaksi penjualan. Jika Anda tidak capai target 100 pcs kemungkinan komisi yang Anda terima hanya sekian persen saja. 

  1. Program Membership

Contohnya Anda menjadi jasa hosting, melayani email marketing dengan produk perpanjangan layanan maka komisi yang bisa Anda dapatkan akan lumayan. Program semacam ini tidak banyak pihak yang menggunakan karena waktu dan fee yang diberikan tidak stabil. Waktunya menyita, fee besar tetapi tidak rutin. 

Agar bisnis afiliasi berjalan dengan baik, perlu trik di bawah ini!

  1. Jelas sistemnya

Sistem penjualannya transparan dan tidak abal-abal, Anda bisa mengenalinya dengan melihat profil perusahaan. Jika perusahaan itu nyata tentu akan melayani dengan prosedur yang sedikit rumit, jelas, terdapat manajemen. 

  1. Kenali produknya

Produk untuk dijual sangat beragam, usahakan menjual produk yang bernilai manfaat, halal, memiliki ijin resmi dan harga bersahabat. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk yang dijual tersebut guna meyakinkan pembeli bahwa manfaat produk tersebut benar-benar baik.

  1. Target pasar jelas

Jangan sampai Anda menjual produk dengan metode Program Bisnis Afiliasi namun salah sasaran, hasil tidak maksimal dan cenderung dijauhi karena berpotensi anggapan bisnis bodong. Matangkan sebelum Anda memulai bisnis afiliasi karena satu akun akan dipakai untuk menjelajah banyak tempat. 

  1. Berpotensi laris

Amati produk yang fast moving atau cepat laris dalam waktu satu bulan. Produk yang demikian memang cenderung akan memunculkan persaingan ketat tapi setiap orang yang membeli produk cepat habis akan terus menggunakan. Anda cukup bermain harga dan distributor untuk mendapatkan laba yang lebih maksimal.  

Untuk mendapatkan uang dari dunia maya memang butuh kesabaran dan ketekunan, asalkan Anda tahu dengan teknik afiliasi bisnis maka semua bisa dikelola dan mendapatkan hasil sesuai harapan. Perbanyak link sosial media dan pertemanan akan memudahkan Anda menjalankan bisnis online tanpa butuh modal warung besar. 

(Visited 64 times, 2 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini