5 Cara Makan Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tetap Normal

Bagi penderita diabetes, mengatur pola makan sudah menjadi sebuah keharusan. Jika pola makan tidak diatur maka kadar gula darah bisa naik dan berada pada titik tidak normal. Berikut 5 cara makan penderita diabetes.

Karbohidrat Pilihan

Asupan karbohidrat harus diatur dengan baik, terutama bagi penderita diabetes melitus. Anda bisa memilih makan berkarbohidrat dengan nutrisi dan serat yang tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan susu rendah lemak.

Read More

Makanan untuk penderita diabetes tersebut dapat memberi Anda energi dan meningkatkan rasa kenyang selama 4 jam lamanya. Hal ini membuat Anda tidak perlu mengunyah camilan tidak sehat seperti makanan junk food. Hindari mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti soft drink dan minuman terlalu manis lainnya. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih secara rutin dibandingkan minuman lainnya.

Makanan Berprotein

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membantu Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Hal ini juga dapat membuat kadar gula darah Anda normal. Apabila Anda melakukan diet tinggi protein, keuntungannya adalah membantu membangun otot tanpa lemak dan menurunkan berat badan.

Makanan tinggi protein terbagi dua yakni protein hewani dan protein nabati. Untuk protein hewani seperti daging sapi, dada ayam tanpa kulit, ikan daging putih dan telur. Sementara protein nabati seperti kacang merah, kacang polong, kacang hitam, edamame dan tahu. Kedua protein tersebut dapat diolah dengan sederhana sehingga baik untuk tubuh penderita diabetes.

Cara makan penderita diabetes juga dipengaruhi teknik memasak. Anda bisa menggunakan teknik yang aman seperti panggang, kukus, rebus dan tumis. Ada banyak resep menarik yang dapat Anda ikuti untuk menghasilkan makanan nikmat bahkan untuk penderita diabetes sekalipun.

Makanan dengan Kandungan Lemak Baik

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi lemak baik. Jenis lemak yang dikonsumsi lebih penting dibandingkan lemak total mengingat diabetes juga memicu penyakit jantung koroner. Asam lemak tidak jenuh seperti lemak tidak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda harus dihindari.

Anda bisa menggantinya dengan makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans agar terhindar dari penyakit jantung. Ketika memasak sebaiknya gunakan minyak nabati untuk mengganti mentega, margarin maupun krim. Konsumsi pula makanan yang kaya akan asam lemak Omega 3 seperti salmon, sarden, tuna, makarel, biji rami dan biji chia.

Makan dengan Porsi yang Sesuai

Jika Anda termasuk orang yang makan dalam porsi besar, maka sudah bisa dibatasi guna mengontrol kadar gula darah. Konsumsi tiga makanan utama dalam ukuran kecil maupun sedang, kemudian dilanjut dengan dua camilan sehat diantaranya.

Camilan yang disarankan yakni buah-buahan, salad sayur dengan kacang-kacangan, putih telur rebus maupun sup. Buah untuk penderita diabetes yakni pepaya, apel, semangka, pir, jambu biji, aprikot dan lainnya. Mintalah rekomendasi porsinya pada dokter maupun ahli gizi agar tidak berlebihan.

Makan Tepat Waktu

Jangan lewatkan jam makan Anda karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sebaiknya Anda makan setelah minum obat atau suntik insulin. Apabila setelah minum obat atau insulin, Anda melewatkan makan atau menunda makan maka dapat menyebabkan hipoglikemia.

Hipoglikemia merupakan kondisi dimana kadar gula di dalam darah menjadi sangat rendah atau melewati batas normal. Kondisi ini tentu berbahaya karena dapat menyebabkan rasa lapar yang ekstrim, jantung berdebar, mual dan berkeringat. Pada kasus yang lebih parah bahkan hipoglikemia dapat menyebabkan koma dan kematian.

Itulah informasi singkat mengenai 5 cara makan penderita diabetes.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini