5 Cara Mengatur Pola Makan bagi Penderita Diabetes

Saat Anda memiliki diabetes, cara mengatur pola makan penderita diabetes akan sangat membantu Anda untuk hidup dengan normal. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips untuk para penderita diabetes untuk mengontrol gula darah mereka.

Atur porsi dan kalori

Bagi Anda yang memiliki masalah pada kadar gula dalam darah dan diabetes. Mulailah dengan mengontrol porsi dan kalori yang Anda konsumsi. Mulai hindari makanan yang digoreng, makanan manis, minuman dalam kemasan dan apapun makanan yang asin dan berlemak.

Read More

Lebih baik jika Anda fokus pada makanan yang mengandung banyak sayuran, whole grain, protein, dan juga buah-buahan.  Makanan dengan kandungan lemak sehat juga bisa jadi pilihan.

Selain mengontrol apa yang Anda konsumsi perhatikan juga mengenai porsi makan dan jam makan. Penderita diabetes atau kadar gula yang terlalu tinggi akan lebih baik makan  dalam porsi kecil dan dalam rentang waktu yang singkat-singkat.

Hal ini justru akan membantu Anda untuk menjaga gula darah tetap stabil. Selai makan dalam tenggang waktu singkat, cara menurunkan gula darah puasa juga bisa dilakukan guna meningkatkan sensitivitas insulin.

Diet Atkins

Karbohidrat adalah sumber dari gula. Akan tetapi jika Anda sulit menghilangkan karbohidrat maka Anda bisa menggunakan cara mengatur pola makan penderita diabetes dengan mengikuti diet-diet yang rendah gula. Salah satu jenis diet yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes adalah diet atkins. Diet ini merupakan diet yang  banyak direkomendasikan oleh dokter.

Diet mediterania

Jenis diet selanjutnya yang banyak direkomendasikan oleh para dokter untuk para penderita diabetes adalah diet mediterania. Diet ini merupakan diet yang menggunakan banyak sayuran, buah, dan juga protein baik hewani maupun protein nabati mulai dari ikan, ayam, kacang, minyak zaitun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi dalam cara menurunkan gula darah tinggi ini ada beberapa jenis bahan makanan yang akan dihindari. Jenis-jenis bahan makanan yang dihindari ini antara lain adalah daging merah, mentega, dan juga garam-garaman. Dalam banyak studi diet ini sudah terbukti mampu membantu menjaga level kadar gula dalam darah lebih terkontrol.

Diet DASH

Diet ini bukan hanya diet yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Akan tetapi banyak nutrisionis yang menyarankan menggunakan gaya makanan ini untuk menstabilkan tekanan darah Anda.

Jenis diet ini memperbolehkan Anda untuk makan banyak buah, sayur, susu rendah lemak, ikan, kacang tanah dan kacang-kacangan lainya. Menariknya, ada beberapa jenis makanan manis yang boleh Anda konsumsi juga dalam diet ini. Akan tetapi dengan catatan konsumsi makanan manis ini harus disesuaikan dengan standar dan tidak boleh terlalu banyak.

Diet paleo

Jenis Diet paleo juga merupakan salah satu yang diet yang sangat populer belakangan ini. Diet paleo merupakan diet yang sangat unik karena terinspirasi dari kebiasaan makan orang-orang di era pra modern.

Beberapa jenis makanan yang dilarang dalam diet ini antara lain adalah susu, gula buatan, dan juga makanan-makanan diproses. Baik itu minyak sayuran, minyak kacang-kacangan, dan juga minyak kanola.

Apapun yang Anda konsumsi adalah makanan dan minuman yang berasal dari alam. Meskipun memang cukup memusingkan, akan tetapi diet ini telah terbukti dalam sebuah studi kecil mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes. Cara mengatur pola makan penderita diabetes juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan lho!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini