Sangat umum jika di era modern ini banyak orang mencari cara menurunkan gula secara alami. Gula darah yang tinggi seringkali terjadi ketika tubuh tidak memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif. Insulin sendiri merupakan sebuah hormon yang meregulasi gula darah dan membantunya memasuki sel sebagai energi.

Gula darah yang tinggi atau hiperglikemik merupakan salah satu kondisi yang banyak dikaitkan dengan kondisi diabetes. Nah untuk menjaga tubuh dan mencegah tubuh memasuki fase diabetes akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana cara menurunkan gula darah secara natural.

Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara paling aman untuk menurunkan kadar gula yang tinggi. Mengapa? Hal ini disebabkan karena orang raga secara teratur dapat membantu meningkatkan efektivitas insulin.

Insulin yang sensitif akan lebih mudah mengenali gula darah dan menggunakannya lebih baik dalam tubuh Anda. Selain itu olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah dengan lebih baik untuk melakukan kontraksi. Inilah yang membuat olahraga menjadi salah satu cara menurunkan gula darah tinggi terbaik.

Beberapa contoh olahraga yang baik dilakukan secara reguler contohnya adalah berenang, hiking, angkat beban berlari, ataupun bersepeda. Bagi Anda yang menyukai olahraga yang lebih menarik juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah.

Membatasi konsumsi karbohidrat

Tubuh Anda memecahkan karbohidrat menjadi gula. Kemudian insulin akan mengubah gula menjadi energi. Akan tetapi jika ada masalah pada fungsionalitas insulin Anda atau Anda makan karbo terlalu banyak apakah proses ini akan mengalami kegagalan.

Proses yang gagal ini menyebabkan gula darah Anda naik. Oleh karena itu selain meningkatkan sensitivitas insulin, akan lebih baik bagi Anda untuk mengurangi konsumsi karbohidrat guna menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Perbanyak konsumsi serat

Kita semua tahu bahwa serat baik untuk pencernaan, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi banyak serat dapat membantu melambatkan proses pencernaan karbohidrat. Serat juga dapat menyerap gula sehingga secara natural dapat mengembalikan kadar gula darah ke level normal.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan konsumsi serat sebagai cara menurunkan gula secara alami, akan lebih baik jika Anda memilih serat yang larut. Hal ini disebabkan karena serat yang larut dalam air menunjukkan efek yang lebih baik terhadap manajemen gula darah.

Tetap menjaga konsumsi air

Minum air merupakan salah satu cara paling alami untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena minum cukup banyak air dapat menghidrasi darah sehingga kadar gula dalam darah menurun.

Akan tetapi pastikan air yang Anda minum merupakan air yang tidak mengandung kalori. Konsumsi air putih ini juga merupakan pilihan terbaik sebagai cara menurunkan gula darah menjadi normal.

Menghindari stres

Hal lain yang sangat efektif meningkatkan kadar gula dalam darah Anda adalah stres. Hal ini disebabkan karena stres dapat menghasilkan hormon glukagon dan juga kortisol. Kedua hormon ini merupakan hormon yang dapat meningkatkan level kadar gula dalam darah Anda.

Untuk menguranginya, Anda perlu berlatih relaksasi dan meditasi. Melakukan latihan dan juga melakukan relaksasi dapat membantu mengurangi rasa stres sehingga dapat meminimalisir peningkatan kadar gula dalam darah.

Dengan begitu bagi Anda yang mengalami kadar gula dalam darah atau sudah masuk ke dalam fase diabetes, Anda tetap bisa hidup dengan lebih sehat dengan cara menurunkan gula secara alami ini.

(Visited 18 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini