Mudah, praktis, cepat dan nyaman adalah sebuah pilihan masa kini khususnya peluang usaha afiliasi. Usaha afiliasi merupakan sebuah cara menjual, memasarkan produk dari produsen ke konsumen dengan cara online, pihak produsen pertama akan memberikan komisi kepada mereka yang menjadi produsen kedua jika berhasil menjual produk sebanyak yang diinginkan. 

Prinsip Usaha Afiliasi

Peluang usaha afiliasi dijalankan dengan sistem online menggunakan marketplace sebagai bentuk wadah atau lapak saat memperkenalkan produk. Model usaha afiliasi terbilang lebih menguntungkan karena pelaku marketing (sales) hanya bermodal ponsel pintar, jaringan internet, dan aplikasi. Anda bisa menjadi tangan pertama dari produsen produk, harga lebih miring, laba lebih besar. 

Untuk menjalankan usaha afiliasi pertama kali yang Anda butuhkan adalah marketplace seperti bukalapak, tokopedia atau lainnya yang telah berlisensi resmi. Setelah itu, posting dengan teknik pemasaran yang berbeda dan pasang harga. Jika ada target penjualan, Anda akan memperoleh komisi bersih selama transaksi berjalan. Komisi disepakati oleh kedua belah pihak tanpa Anda repot mengemas dan mengecek satu per satu bagian.

Manfaat Usaha Afiliasi 

  1. Modal tidak banyak

Anda cukup datang ke produsen sesungguhnya untuk menjalin perjanjian penjualan. Anda bisa menggunakan media penjualan seperti ponsel, jaringan internet dan aplikasi untuk memperkenalkan produk ke khalayak ramai. Namun, jika Anda ingin mengambil produk untuk dijual kembali secara offline atau online akan mendapatkan laba yang berlipat ganda. 

  1. Pengelolaan lebih praktis

Usaha afiliasi saat ini lebih mudah dan praktis tidak seperti jaman dahulu, Anda yang jauh di sana bisa dengan mudah mendapatkan produk tanpa perlu datang langsung ke produsen utama. Mungkin jika jangkauannya lebih dekat akan lebih yakin untuk melihat langsung tetapi jika Anda terkendala jarak bisa mendapatkan sampel untuk contoh produk yang akan dijual. 

  1. Waktu fleksibel

Dengan manfaat bisnis afiliasi, Anda cukup ringan menentukan waktu dan bisa disambi dengan kegiatan lainnya. Artinya, Anda tidak mentok berada di depan meja kerja selama waktu tertentu. Anda bisa mengelola waktu mungkin jam buka 08.00 – 17.00 selebihnya bisa dibalas chat bisnis di hari berikutnya. Berbeda jika Anda menjual produk lewat jalan offline atau buka toko, Anda harus menunggu dan melayani konsumen tatap muka, belum lagi menata produk yang telah dipilih konsumen. 

  1. Dobel laba

Menjalankan bisnis afiliasi mendapatkan laba dobel, karena Anda bebas menjual produk tanpa terbatas. Satu produk mendapatkan laba 80% namun jika Anda menjual 3 produk dengan persentase sama, bayangkan berapakah total laba yang akan Anda peroleh?

  1. Resiko minim

Menjual produk dengan afiliasi tidak terikat oleh kontrak produsen utama namun ada beberapa orang yang mengambil perjanjian keuntungan. Yang dimaksud dengan minim resiko adalah Anda tidak perlu terjun langsung untuk membuat produk. Bisa dikatakan bahwa Anda yang menjual produk berposisi sebagai sales marketing sebuah perusahaan. 

Resiko apa yang akan dihadapi oleh pengusaha afiliasi?

Karena Anda menjual dengan bantuan sistem online, maka produk akan sampai dengan bantuan kurir agen kiriman. Kendala yang seringkali muncul yakni lama waktu penerimaan produk yang Anda kirim, sehingga memunculkan komplain. Ada juga model konsumen yang enggan untuk membayar produk dengan transfer karena dianggap penipuan. Intinya, menjalankan bisnis afiliasi butuh kejelian dan kepercayaan dua pihak terkait. Ingat, bisnis afiliasi akan muncul banyak pesaing baru yang artinya Anda butuh strategi lain untuk bisa bertahan. 

Manfaatkan peluang usaha afiliasi untuk meraup keuntungan ekstra.

Rekomendasi Bisnis Affiliasi INVOLVE ASIA Mendaftar di Involve Asia Klik Dibawah ini :

(Visited 28 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini