5 Rahasia Cara Menghilangkan Kadar Gula Dalam Darah

Bagaimana sih cara menghilangkan kadar gula dalam darah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, patut Anda ketahui terlebih dahulu bahwa kadar gula umumnya dapat diturunkan, namun tidak dihilangkan. Karena tubuh juga membutuhkannya untuk menjaga stamina dengan lebih baik.

Kenali kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik, apabila produksi insulin berjalan dengan normal. Namun jika produksi insulin menurun, maka kadar gula pun akan semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena tidak ada insulin yang bekerja mengontrol gula dalam darah.

Read More

Kondisi gula darah yang meningkat, tentunya akan merusak beberapa sistem organ tubuh yang ada. Seperti halnya merusak sistem saraf, pembuluh darah hingga berbagai jenis organ vital lainnya. Bahkan hal yang paling berbahaya dari gula darah tinggi yaitu terjadinya komplikasi diabetes.

Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa cara menurunkan kadar gula darah yang dapat Anda lakukan. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

Olahraga secara teratur

Olahraga dikenal sebagai salah satu aktivitas yang dapat menjaga kesehatan dengan baik. Hal ini terbukti dari sensitivitas insulin yang juga bekerja dengan lebih optimal. Sehingga sel-sel dari bagian tubuh Anda pun dapat menjadikan gula dalam darah sebagai sumber energi.

Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan kadar gula dengan mudah dan efektif di antaranya :

  • Jalan santai
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Menari
  • Angkat beban

Cukupi waktu istirahat

Cara lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah mencukupi waktu istirahat. Pastikan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per harinya. Dengan demikian, kadar gula pun dapat ditekan dengan mudah.

Berbeda halnya dengan Anda yang tidak mencukupi waktu tidur. Umumnya Anda akan lebih cepat lapar, sehingga nafsu makan meningkat dengan mudah. Setelah itu, konsumsi makanan pun dilakukan secara berlebih dan tentunya beresiko menimbulkan kadar gula yang tinggi.

Turunkan berat badan

Cara mengurangi kadar gula dalam darah selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menurunkan berat badan. Pasalnya mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung sulit dalam mengontrol kadar gula darah.

Tidak hanya itu, dalam sebuah riset yang telah dilakukan juga menyatakan bahwa berat badan yang ideal itu baik bagi kesehatan tubuh. Karena selain menjaga organ vital serta sistem yang ada pada tubuh. Tubuh ideal juga dapat menurunkan resiko diabetes hingga mencapai angka 58%.

Kontrol porsi makan

Kontrol porsi makan juga dikenal sebagai cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gula dalam darah. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengurangi atau mengontrol asupan kalori dan lainnya. Dengan demikian, kadar gula pun akan berada dalam kondisi normal.

Salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol porsi makan yaitu dengan menggunakan piring kecil. Selain dapat mengkonsumsi makanan dengan cara perlahan. Anda juga dapat membaca label kalori pada makanan, sehingga tahu berapa jumlah kalori yang telah Anda konsumsi.

Memantau kadar gula dalam darah

Untuk cara paling akhir ini umumnya dilakukan oleh mereka yang memiliki resiko diabetes atau bahkan telah terkena diabetes. Cara tersebut adalah memantau kadar gula dalam darah secara rutin. Hal ini dapat Anda lakukan setiap hari, sehingga Anda pun dapat memastikan kadar gula dalam darah terjaga dengan baik.

Selain menjaga kondisi kesehatan tubuh. Proses pemantauan bagi penderita juga dilakukan untuk mengetahui cocok atau tidaknya obat diabetes yang digunakan. Kemudian ia juga dapat digunakan untuk melihat efek samping dari penggunaan obat.

Dengan mengikuti beberapa cara menghilangkan kadar gula di bagian atas tadi, diharapkan agar kadar gula darah Anda terjaga dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini