6 Cara Mengontrol Gula Darah Secara Alami, yang Pastinya Mudah Anda Lakukan

Tahukah Anda bahwa cara mengontrol gula darah secara alami tidak sulit! Anda yang memang mempunyai masalah dengan kadar gula darah yang tinggi, ada baiknya jika memperhatikan tips berikut ini.

Rutin memantau kadar gula darah

Rutin memantau kadar gula darah adalah cara mengontrol gula darah secara alami pertama yang harus Anda lakukan secara rutin. Kali ini Anda dapat menggunakan alat khusus, untuk melihat atau memantau kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Read More

Kadar gula darah yang tinggi, biasanya tidak akan menimbulkan gejala berarti. Kecuali, jika nilainya diatas 200 mg/dL.

Sedangkan kadar gula darah yang normal, adalah sekitar 70 hingga 150 mg/dL. Ketika seseorang sedang berpuasa, maka umumnya kadar gula darahnya jadi sekitar 70 mg/dL.

Cukupi kebutuhan cairan

Untuk menjaga kadar gula darah secara alami, Anda juga perlu menyeimbangkanya dengan rutin atau banyak mengkonsumsi cairan. Kadar cairan yang cukup dalam tubuh, ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Karena kadar cairan yang cukup, ternyata mampu kinerja ginjal, dalam membuang berbagai kelebihan gula, yang ada di dalam tubuh, melalui urine.

Air atau cairan juga ternyata mampu membantu sirkulasi darah, serta sistem metabolisme tubuh lainnya. Adapun cairan yang sebaiknya Anda konsumsi disini adalah cairan yang tanpa gula, dan baik untuk tubuh.  

Olahraga secara teratur

Adapun tips mengontrol gula darah secara alami berikutnya adalah dengan rutin berolahraga. Ada banyak manfaat yang akan didapat ketika berolahraga secara rutin, mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, serta mampu meningkatkan kadar hormon insulin yang ada di dalam tubuh.

Ini yang membuat sel-sel dalam tubuh, mampu memanfaatkan gula dalam aliran darah secara maksimal. selain itu, olahraga juga mampu membentuk otot, dalam menggunakan gula darah sebagai sumber energi.

Beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan, dilakukan secara rutin adalah jalan kaki, lari pagi, berenang, bersepeda, dan yang lainnya.

Memilih makanan yang rendah indeks glikemik

Memilih makanan yang rendah indeks glikemik adalah cara mengontrol gula darah berikutnya yang perlu Anda perhatikan.

Seseorang yang mempunyai masalah dengan kadar gula dalam darah, perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, sebaiknya :

  • Mengkonsumsi ikan tentunya tidak mengandung karbohidrat sama sekali. Selain itu, bahan yang satu ini juga tidak mengandung kadar gula. Anda dapat mengkonsumsinya paling tidak 2 kali dalam seminggu. Guna menjaga dan menurunkan kadar gula darah secara alami.
  • Membatasi makanan tinggi karbohidrat. Karena dengan mengurangi asupan karbohidrat, ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara efektif. Ada baiknya Anda menganti nasi putih, jadi nasi merah, serta mengurangi makan roti (terkecuali roti gandum), gorengan, atau camilan lainnya yang terbuat dari tepung.  
  • Perbanyak makanan berserat, misalnya saja banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Kandungan serat ternyata mampu membantu memperlambat sistem penyerapan karbohidrat dan juga gula dalam tubuh. Hingga membuat resiko diabetes jadi berkurang. 

Istirahat yang cukup

Istirahat atau tidur secara cukup, secara tidak langsung juga menjaga kadar gula dalam tubuh. Dimana umumnya, kadar gula akan meningkat, pada saat pagi hari. Dengan bantuan dari insulin alami, maka secara perlahan, kadar gula dalam darah akan turun secara perlahan.

Sebaliknya jika Anda kurang tidur, maka insulin dalam tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Mengelola stress

Tidak dapat dipungkiri, bahwa stress, terkadang menyerang Anda. Stress, jika tidak dikelola dengan baik, akan membuat energi dalam tubuh Anda akan cepat terkuras, selain itu, juga membuat sistem metabolisme dan sistem kimia tubuh juga kacau, termasuk di dalamnya tidak dapat mengontrol gula darah. 

Ada baiknya jika Anda mengelola stress tersebut, agar semua fungsi dalam tubuh dalam berjalan dengan baik.

Dari ulasan diatas, Anda dapat menyimpulkan bahwa cara mengontrol gula darah secara alami memang tidak sulit. Justru yang sulit adalah sadar dan mau melakukannya secara teratur.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini