7 Fitur Penting Yang Perlu Anda Ketahui di Android Marshmallow

Versi terbaru sistem operasi Android secara resmi menggunakan nama ‘Marshmallow’ dan nomor versi ‘6.0’. Versi terdahulunya, yaitu Lollipop, menggunakan nomor versi ‘5.0’. Dengan demikian, tampak ada ‘lompatan’ satu nomor versi dari Lollipop ke Marshmallow. Lompatan satu angka inilah yang menguatkan dugaan bahwa di versi terbaru ini, akan ada banyak pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya. Sejauh ini, sudah ada 7 fitur penting yang terkuak dan hampir bisa dipastikan hadir di versi terbaru sistem operasi dengan ikon robot hijau ini.
Apa saja 7 fitur penting tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

1. Modus ‘Doze’

Di atas panggung Google I/0 bulan Mei 2015, VP Engineering Android, David Burke mengatakan bahwa Android Marshmallow mengusung teknologi terbaru yang disebut modus ‘Doze’. Modus ini berperan penting untuk memperkecil konsumsi daya baterai, ketika perangkat dalam kondisi stand by.

Cara kerja modus ini, seperti dilansir Android Police, adalah dengan memanfaatkan sensor pendeteksi gerakan. Sensor ini mengira-ngira, apakah perangkat tersebut ada dalam posisi stand by atau aktif.

Menurut pemaparan Burke, modus Doze dapat memperpanjang daya baterai sebuah unit tablet Nexus 9 sampai dua kali lebih lama dibandingkan dengan daya baterai yang berjalan di Android Lollipop.

2. Mengisi Daya Baterai 5 Kali Lebih Cepat

Masih seputar daya baterai, fitur penting kedua yang disuguhkan Android Marshmallow adalah pengisian daya baterai sampai 5 kali lebih cepat. Hal ini dimungkinkan berkat kehadiran port USB tipe C.

Di acara Google I/O, Google mengatakan bahwa port USB tipe C ini merupakan pembaruan terakhir dari port USB standar.

Tak kalah penting, dengan Android Marshmallow Anda akan dapat menggunakan ponsel untuk mengisi perangkat lain pada waktu yang sama.

Baca Juga :   Xiaomi Redmi Note 2 Resmi Di Luncurkan dan Akan Bersaing dengan Samsung

3. System UI Tuner

Fitur System UI Tuner dapat diaktifkan dengan cara menarik jendela notifkasi, lalu menekan dan menahan ikon gir ‘Settings’ untuk 5 detik. Setelah itu, Anda akan melihat pesan pop-up, “Selamat! System UI Tuner telah ditambahkan ke Settings.”

Dengan fitur ini, Anda sedikit mengubah quick toggle tiles, menambah atau menghapus item dari status bar, bahkan masuk ke modus Demo.

4. Android Pay

Berkat Android Pay, pengguna Android Marshmallow akan dimudahkan dalam membayar barang-barang, baik di aplikasi maupun di toko-toko retail dengan menggunakan ponsel mereka.

Android Pay adalah antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface, API) terbuka, yang memungkinkan pengembangnya untuk menambahkannya ke aplikasi mereka sendiri.

5. Now On Tap

Dengan fitur bernama Now On Tap, pengguna Android Marshmallow dapat mengakses Google Now dengan menahan tombol Home, mirip dengan apa yang ditawarkan Apple pada aplikasi Siri besutannya.

Now On Tap juga membantu Google untuk memperoleh informasi penting dari penggunanya, berdasarkan apa yang dilakukan oleh penggunanya ketika itu.

6. Sensor Sidik Jari

Dengan Android M, Google juga akan melakukan standardisasi dukungan untuk sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini tidak hanya akan digunakan untuk membuka dan mengamankan ponsel Anda, tetapi juga terhubung dengan sistem pembayaran mobile Android Pay, yang berfokus pada kesederhanaan, keamanan, dan pilihan.

7. App Permissions

Di Android Marshmallow, App Permissions juga mengalami perubahan. Daripada meminta izin kepada pengguna untuk menggunakan fitur tertentu pada waktu instalasi atau pemasangan, aplikasi Android Marshmallow malah akan meminta izin untuk aktivitas, ketika aplikasi itu pertama kali diperlukan.

(Visited 143 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a Reply