7 Jenis Makanan Sebagai Cara Untuk Turunkan Gula Dalam Darah Ampuh

Tentunya ada beberapa cara untuk turunkan gula dalam darah yang umum dilakukan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Seseorang yang ingin mengontrol kadar gula dalam darah, sebaiknya memilih jenis makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah atau maksimal sedang.

Ada cukup banyak jenis makanan dengan kadar indeks glikemik rendah yang ada di sekitar Anda. Berikut adalah beberapa diantaranya :

Read More

Roti gandum

Cara untuk turunkan gula dalam darah dengan makanan yang pertama akan dibahas adalah roti gandum. Jika kebanyakan roti, mengandung karbohidrat yang mampu memicu meningkatnya kadar gula dalam darah. Maka tidak dengan roti gandum. Dimana jenis roti yang satu ini, mempunyai kadar indeks glikemik dan juga kadar karbohidrat yang rendah, dibandingkan jenis roti lainnya.

Alasannya, karena kandungan serat yang ada di dalam roti gandum tersebut, yang ternyata mampu memperlambat sistem pencernaan, sekaligus membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. 

Aneka buah-buahan

Jenis makanan berikutnya adalah aneka jenis buah-buahan. Hampir sebagian besar jenis buah-buahan, mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah.

Kebanyakan buah-buahan kaya akan air, dan serat. Kandungan tersebut yang justru mampu menyeimbangkan gula alami atau yang disebut dengan fruktosa. Anda dapat mengkonsumsi buah tersebut secara utuh atau mengkonsumsinya dalam bentuk jus atau salad buah.

Adapun jenis buah yang dimaksud, antara lain apel, jeruk, aneka jenis beri, alpukat dan yang lainnya.

Ubi jalar

Mengkonsumsi ubi jalar secara teratur, juga ternyata salah satu cara menurunkan gula darah yang cukup efektif. Berdasarkan beberapa penelitian, menunjukkan bahwa daging ubi jalar, lebih banyak mengandung serat, dibanding kulitnya. Itu sebabnya, makanan yang satu ini juga termasuk salah satu jenis makanan dengan skor indeks glikemik yang rendah. 

Oatmeal

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa Oatmeal adalah salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya untuk jantung namun juga dengan organ tubuh lainya, termasuk menjaga stabilnya kadar gula darah.

Dengan mengkonsumsi Oatmeal, secara tidak langsung mampu menjaga gula darah normal. Lantaran bahan yang satu ini, mengandung B-Glukan, yang dapat membentuk kadar glikemik tetap dibawah 55. Yang artinya mengkonsumsi secara teratur, tidak akan membuat kadar gula darah jadi naik.

Selain itu, mengkonsumsi oatmeal ini, juga mampu mengurangi respons glukosa, dan juga insulin, setelah makan.

Kacang-kacangan

Jenis makanan yang dapat mengontrol gula darah, lainnya adalah kacang-kacangan. Yang tidak banyak orang tahu, bahwa kacang sarat akan serat, serta mengandung skor indeks glikemik yang rendah. Bahkan di bawah 55.

Selain itu, makanan jenis ini juga mengandung protein nabati yang cukup tinggi, vitamin, asam lemak tak jenuh, flavonoid, kalium dan juga magnesium. Akan lebih baik, jika Anda mengonsumsi kacang-kacangan dalam kondisi masih utuh, dan belum terlalu banyak diolah, guna memperoleh manfaat secara utuh.

Adapun beberapa jenis kacang-kacangan yang dimaksud, antara lain kacang lentil, kacang kedelai, dan yang lainnya.

Telur

Bahan makanan yang satu ini kaya kandungan vitamin, lemak sehat, protein, mineral dan juga antioksidan. Dari penjelasan selintas, dapat disimpulkan, bahwa jenis makanan ini juga baik, dan mampu membantu tubuh, dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Yoghurt

Tidak banyak orang tahu, ketika seseorang rutin mengkonsumsi Yoghurt yang tidak dicampur dengan makanan apapun dapat mengurangi resiko diabetes. Terutama Yoghurt plain atau tanpa rasa, ternyata termasuk jenis makanan yang rendah glikemik.

Tentunya cara untuk turunkan gula dalam darah dengan menggunakan makanan tidak terlalu sulit. Bahkan jenis makanan yang disebutkan di atas, mudah dan hampir setiap hari Anda konsumsi. Jika dimaksimalkan, bukan tidak mungkin kadar gula dalam darah atau tetap stabil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini