Bagi para penderita diabetes, makanan merupakan salah satu unsur utama yang perlu diperhatikan agar dapat hidup dengan normal. Ini disebabkan karena jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kadar gula dalam darah seseorang penderita diabetes. Untuk itu, berikut ini adalah 7 jenis makanan yang bisa jadi tips turunkan gula dalam darah bagi penderita diabetes.

Brokoli

Brokoli memang bisa disebut sebagai salah satu superfood. Hal ini disebabkan karena makanan ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat dan baik untuk tubuh.

Salah satunya, brokoli memiliki kandungan Sulforaphane. Kandungan ini sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Makanan laut

Makanan laut ada yang makan ini sangat terkenal dengan kandungan protein yang dimilikinya. Bukan hanya protein tapi kandungan lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidannya juga sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan makanan laut seperti ikan dan juga kerang-kerangan sangat cocok sebagai cara menurunkan gula darah.

Protein merupakan salah satu komponen paling baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena protein dapat menurunkan kecepatan pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya sugar spike yang sangat berbahaya bagi para penderita diabetes.

Buah labu

Tips turunkan gula dalam darah selanjutnya adalah dengan konsumsi buah labu dan juga biji buah labu. Buah labu sangat baik untuk menurunkan gula darah karena kandungan fiber dan juga antioksidan yang dimilikinya.

Dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas bahwa serat sangat cocok untuk membantu memperlambat pencernaan karbohidrat. Hal inilah yang membuat peningkatan gula yang terlalu tinggi atau disebut dengan sugar spike.

Kacang tanah dalam bentuk biji maupun dalam bentuk selai

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi kacang dapat membantu meregulasi kadar gula dalam darah. penelitian ini dilakukan dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. 25 orang ini menderita penyakit diabetes tipe 2 dan dibagi menjadi dua grup.

satu grup mengkonsumsi kacang dan juga satu grup mengkonsumsi almond. Mereka yang mengkonsumsi kacang tanah menunjukkan gejala kadar gula yang lebih terkontrol dibandingkan grup lainnya.

Okra

Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya dengan kandungan antioksidan. Di Turki okra memang sudah banyak digunakan untuk membantu makanan untuk menurunkan gula darah. Bahkan ia digunakan sebagai obat untuk diabetes.

Kimchi

Kimchi merupakan salah satu jenis makanan yang belakangan ini sangat populer. Asinan asal Korea Selatan ini ternyata tidak hanya lezat tapi juga mengandung banyak manfaat terutama bagi penderita diabetes.

Hal ini disebabkan karena kimchi memiliki kandungan prebiotik mineral dan juga antioksidan. Dengan mengkonsumsi kimchi secara teratur, banyak orang mengalami penurunan gula darah kolesterol normal dan juga meningkatkan level sensitivitas insulin mereka.

Chia seed

Chia seed merupakan salah satu biji-bijian yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi chia seed dapat membantu menormalkan kadar gula dalam darah.

Penelitian mengenai chia seed ini dilakukan pada 17 binatang yang diberikan pakan chia seed. Hasilnya, binatang-binatang yang ada dalam penelitian ini menunjukkan sensitivitas insulin yang lebih tinggi dan juga gula darah yang lebih terkontrol. Jika dikonsumsi pada orang yang tidak memiliki diabetes maka dapat menurunkan resiko penyakit tersebut.

Tujuh makanan yang masuk dalam tips turunkan gula dalam darah ini bisa Anda masukkan dalam diet harian Anda guna mendapatkan hidup yang lebih sehat dan terhindar dari komplikasi.

(Visited 30 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini