7 Manfaat Buah Kersen/Kersem atau Talok

buah-kersen

Buah kersen atau talok ini sangat akrab bagi anak-anak kecil yang sering bermain di bawah pohon rindang. Rasa buah berwarna merah itu yang manis sekali dan memang disukai anak-anak. Tidak hanya itu, ternyata walau ukurannya kecil ia menyimpan manfaat kesehatan yang banyak lho buat Anda.

Kersen atau talok mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin B, vitamin C, dan lainnya. Tak heran jika mengonsumsinya, Anda bisa mendapat 7 manfaat berikut:

  1. Encok, Nyeri pinggang atau encok dapat Anda hilangkan dengan konsumsi 9-12 butir buah kersen mengkal atau setengah matang. Secara rutin makan buah ini maka encok Anda akan perlahan hilang.
  2. Diabetes, Walau rasanya manis, namun pasien diabetes disebut tak berbahaya mengonsumsi talok. Ia bahkan membantu menyeimbangkan kadar glukosa yang berlebihan.
  3. Antioksidan, Kandungan antioksidannya tinggi. Itu terlihat dari warna cerah yang dimiliki oleh kersen. Selain itu juga ada vitamin C, yang baik bagi kecantikan dan pengobatan penyakit seperti flu.
  4. Cegah kanker, Daun talok disebut mempunyai khasiat antikanker, sehingga baik dikonsumsi sebagai obat herbal.
  5. Tekanan darah tinggi, Penderita hipertensi juga dapat memanfaatkan daun buah talok atau kersen, karena ia mengandung nitrat oksida yang dapat membuat pembuluh darah lentur dan mengalirkan darah lebih lancar.
  6. Antiseptik, Merebus bunga talok, bermanfaat untuk mencuci luka atau membunuh bakteri dan kuman dari permukaan kulit. Jika diminum, maka ia berguna mengurangi keram perut.
  7. Sakit kepala, Makan buah kersen dan minum teh daun kersen berguna untuk mengurangi derita sakit kepala.

Selain itu ada beberapa manfaat lain juga seperti melancarkan BAB karena seratnya yang banyak, serta menguatkan tulang sebab ia mengandung kalsium dan fosfor, dan lain-lain.

Baca Juga :   Khasiat Buah Kersen/Talok untuk Asam Urat daunnya untuk Diabetes

Selamat mencoba.

(Visited 396 times, 1 visits today)

One Response

  1. author

    Aura Nabilla1 year ago

    saya baru tahu nih kalau buah talok kandungan gizinya ternyata sebanyak itu 🙂
    manfaat buah mangga untuk ibu hamil
    manfaat buah sirsak untuk ibu hamil

    Reply

Leave a Reply