7 Tips Aman Belanja di Marketplace

7 Tips Aman Belanja di Marketplace

Hadirnya berbagai marketplace saat ini membuat bisnis online semakin digandrungi masyarakat. Jual beli online juga menjadi hal yang sudah umum dan lumrah terjadi.

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu tips aman belanja di marketplace untuk menghindari resiko penipuan dari para oknum tidak bertanggung jawab.

Selain itu, berbelanja online juga memiliki banyak kemudahan. Seperti mendapatkan harga yang lebih murah, kemudahan transaksi, dan mudahnya mencari barang di marketplace. namun dibalik segala kemudahannya, terdapat resiko yang bisa merugikan Anda.

Untuk menghindari kerugian berbelanja online. Berikut beberapa tips belanja online aman yang bisa Anda ikuti.

7 Tips Aman Belanja di Marketplace

1. Berbelanja di Marketplace yang Populer dan Terpercaya

Berbelanja di marketplace atau toko online yang terpercaya akan membuat transaksi Anda menjadi lebih aman dan terjamin.

Untuk mengetahui toko online yang dipilih termasuk ke golongan terpercaya. Anda dapat melakukan riset mengenai pengalaman orang-orang yang pernah berbelanja di marketplace tersebut di forum-forum online, seperti facebook atau twitter.

2. Gunakan Jasa Rekening Bersama Saat Bertransaksi

Rekening bersama akan sangat berguna bagi Anda yang sedang berbelanja di marketplace facebook atau media sosial lainnya. Cara kerja rekening bersama atau disingkat Rekber ini adalah dengan memanfaatkan cara kerja orang ketiga dalam jual beli.

Jadi, uang yang ditransfer pembeli akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak Rekber.

Setelah barang sudah sampai ke pembeli, maka secara otomatis uang akan langsung dikirim ke penjual. Anda dapat memanfaatkan jasa Rekber untuk mencegah penipuan di marketplace facebook.

Hal ini dikarenakan facebook sendiri belum memiliki fitur rekber pada marketplacenya.

3. Pilih Metode Pembayaran Cash Of Delivery (COD)

COD merupakan salah satu metode pembayaran paling dipercaya saat ini. Metode pembayaran ini menggunakan sistem membayar cash saat barang dikirim di tempat Anda. Cara ini lebih aman karena Anda dapat melihat barang langsung saat akan membelinya.

COD sangat direkomendasikan bagi seseorang yang masih awam mengenai belanja online. Terlebih lagi sekarang banyak marketplace sudah mendukung sistem COD ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Peluang Usaha 2022 Klik Disini COD Free Ongkir Klik Disini