8 Tips Ampuh untuk Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Bisnis laundry memang tengah naik daun beberapa tahun belakangan, terutama laundry cuci kiloan. Tidak hanya berada di pemukiman mahasiswa saja, tetapi keberadaannya juga sudah merambah ke kawasan perumahan. Jika laundry kiloan sudah mudah ditemukan di mana saja, maka bisnis laundry sepatu sebaliknya.

Meski sudah ada beberapa usaha cuci sepatu, tetapi jumlahnya tidak begitu banyak. Padahal, bisnis ini sedang jadi tren, terutama di kota-kota besar. Hal ini disebabkan oleh tingginya minat konsumen pada jenis sepatu-sepatu mahal, khususnya sneakers. Jangan tanya berapa harganya, yang jelas bisa mencapai jutaan hanya untuk sepasang sepatu. Belum lagi jika mereka membeli sepatu limited edition.

Dengan harga yang tidak murah tersebut, tentu mereka memberikan perlakuan ekstra pada sepatu-sepatu kesayangannya. Tidak hanya disimpan secara khusus, atau dipakai ke momen spesial saja, perawatan secara berkala pun harus dilakukan. Di sinilah kesempatan Anda terbuka lebar untuk menawarkan layanan perawatan alas kaki dengan biaya terjangkau.

Tips Bisnis Laundry Sepatu

Apabila Anda penggemar sepatu, pasti mengerti bahwa merawat sepatu tidak segampang merawat pakaian. Terlebih lagi, tidak semua orang awam memahami bahan sepatu, teknik pencucian, hingga jenis sabun yang boleh dipakai untuk membersihkan sepatu. Inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai bisnis laundry sepatu.

Lalu, tips apa saja yang perlu Anda terapkan saat hendak memulai bisnis ini?

Siapa target pasar Anda

Pembeli sepatu mahal kebanyakan adalah kaum urban yang sibuk dan ingin segala sesuatunya serba praktis. Jika mereka tidak segan merogoh kocek dalam-dalam untuk sepasang sepatu, maka mereka juga punya bujet sendiri untuk perawatannya. Terlebih, kalangan menengah ke atas ini tidak punya waktu luang untuk membersihkan sepatu-sepatu tersebut. Maka, membawanya ke laundry sepatu merupakan solusi paling cerdas yang mereka butuhkan.

Baca Juga :   Pengalaman Buka Usaha Payment Online atau PPOB Yang Awalnya Hanya Iseng Saja

Bekali diri dengan pengetahuan seputar material sepatu

Mengurus sepatu sangat berbeda dengan merawat pakaian. Material sepatu pun beragam jenisnya, tidak hanya kain biasa. Beberapa jenis bahan sepatu yang umum digunakan adalah suede, nubuck leather, kanvas, kulit asli, kulit sintetis, dan denim. Beda bahan tentu berbeda pula perawatannya karena setiap material punya karakteristik tersendiri.

Pemilihan peralatan dan perlengkapan yang tepat

Tahukah Anda ada mesin cuci khusus sepatu? Kebanyakan mesin cuci khusus ini masih pabrikan Cina atau Taiwan, tetapi fitur yang diberikan cukup memadai. Selain itu, sediakan peralatan dan perlengkapan yang tepat. Semua bergantung pada teknik pencucian yang digunakan. Beberapa perlengkapan standar yang Anda butuhkan antara lain sikat halus, kuas, kain microfiber, sikat kasar, spon suede, dan botol semprot.

Selain itu, Anda juga perlu untuk memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan aktivitas operasional bisnis Anda sehari-hari. Anda bisa memilih aplikasi kasir seperti Moka.

Ketahui jenis teknik pencucian

Terkait material sepatu, maka pendekatan yang dilakukan saat mencuci pun berbeda-beda. Anda harus melakukan identifikasi bahan kimia mana yang tepat untuk jenis material sepatu yang akan dicuci. Kemudian, pilih peralatan yang dapat dipakai. Baru berlanjut ke proses pencucian utama dan berakhir dengan pengeringan. Perlu Anda tahu, terdapat tiga jenis teknik pencucian, yaitu dry clean, wet clean, dan wet & dry.

Pelajari risiko yang mungkin muncul

Tidak ada bisnis tanpa risiko, tidak terkecuali bisnis laundry sepatu. Pengalaman menjadi kunci untuk meminimalkan risiko terjadinya kerusakan pada sepatu milik pelanggan. Membersihkan sepatu bukan sekadar menghilangkan noda, tetapi bagaimana merawat sepatu agar tetap bagus dan awet dipakai.

Berikan harga kompetitif

Sebelum menentukan harga, cari tahu lebih dulu berapa harga pasaran laundry sepatu per pasang. Ini juga dipengaruhi oleh lokasi bisnis Anda nantinya. Sebagai contoh, harga cuci sepasang sepatu di Solo mulai dari Rp25.000 per pasang. Sementara, untuk area Jakarta, rata-rata harga yang dipatok sekitar Rp50.000 – Rp60.000 per pasang. Jadi, harga yang akan Anda tentukan harus kompetitif.   

Pemasaran efektif dan tepat sasaran

Setelah memahami siapa target pasar Anda, maka pemilihan strategi pemasaran yang tepat juga berpengaruh pada kesuksesan usaha ini. Media sosial seperti Facebook dan Instagram bisa menjadi sarana pemasaran efektif dengan biaya rendah. Selain memberi informasi price list layanan Anda, berbagi tips seputar perawatan sepatu di akun media sosial juga bisa dilakukan. Dengan aktif berpromosi, semakin banyak peluang untuk menggaet calon pelanggan.

Baca Juga :   Domain .ID Diskon 50% Di Perpanjang Hingga 31 Desember 2015

Itulah 7 tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin memulai bisnis laundry sepatu. Keberanian Anda menangkap peluang emas tersebut tentu harus didukung dengan strategi membangun bisnis yang tepat, bukan? Semoga sukses.

(Visited 133 times, 1 visits today)

Leave a Reply